Lahan Pemkot Untuk Kampus IAIN di Sambinae Hanya Tersedia 4 Hektare - Bima News

Jumat, 12 Maret 2021

Lahan Pemkot Untuk Kampus IAIN di Sambinae Hanya Tersedia 4 Hektare

Lahan
Inilahan lokasi yang  akan dijadikan lahan untuk pembangunan Kampus IAIN di Bima

 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Lahan untuk pembangunan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bima, yang disebut 10 hektare, di lapangan berbeda. Dari penelusuran, ternyata baru ada 4 Hektare yang dimiliki Pemerintah Kota Bima. Sisanya, masih milik warga.  

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas  mengatakan, Pemkot Bima telah menyiapkan lahan 10 Hektare untuk pembangunan kampus IAIN. 

"Awalnya mau dikasi 5 hektare, tapi diralat jadi 10 hektare, " sebut Cholil saat di halaman Kantor Kemenag Kota Bima, Jumat (12/3). 

Informasi soal luas lahan ini didapat  dari Lurah Sambinae, Amiruddin. Kata dia, luas lahan milik Pemkot di Sambinae hanya 4 hektare. Sementara  6 hektare masih status lahan warga, berupa kebun dan tegalan. 

Rencana pembangunan Kampus IAIN di Sambinae akunya,  sudah lama didengar. Sejak kepemimpinan Wali Kota HM Nur A Latif (almarhum).

Warga Sambinae katanya,  merespon positif rencana pembangunan kampus IAIN. Karena nanti pasti akan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat sekitar. 

"Warga senang dengan rencana ini, karena pasti akan berdampak positif bagi ekonomi masyarakat sekitar," pungkasnya.

Plt Kabag Prokopim Pemkot Bima, Dian Fitriany dikonfirmasi terpisah via ponsel menjelaskan, lahan untuk kampus IAIN itu ada di dua tempat terpisah. 

Lahan pertama di Sambinae,  eks lahan relokasi seluas 4 Hektare tersebut. Sedangkan sisanya, terletak di Kelurahan Rontu dengan luas sekitar 6 Hektare. Sehingga totalnya 10 hektare. 

"Nanti, akan ada kampus 1 dan kampus 2," jelas Dian. 

Soal syarat Kemendikbud luas lahan untuk pembangunan  PTN 30 Hektare, menurut Dian, itu aturan untuk PTN di bawah Kementerian Pendidikan. Sedangkan IAIN, berada di bawah naungan Kementerian Agama. Sehingga prasyarat lahan yang ditetapkan berbeda. (tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda