Harga Cabai Rawit di Bima Tembus Rp 80 Ribu Per Kilogram - Bima News

Selasa, 02 Maret 2021

Harga Cabai Rawit di Bima Tembus Rp 80 Ribu Per Kilogram

Pedagang Cabai
Aktivitas Pedagang Cabai di Pasar Ama Hami, Kota Bima.
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Musim hujan menyebabkan harga cabai melonjak di Pasar Ama Hami Kota Bima. Saat ini, harga cabai rawit Rp 80 ribu per kilogram.

Nurmala, penjual Cabai di Pasar Ama Hamil  meengatakan, untuk cabai hijau saat ini dijual Rp 40 ribu per kilogram. Sebelumnya hanya Rp 25 ribu.

Sedangkan Cabai Rawit, melonjak  hingga Rp 80 ribu per kilogram dari harga Rp 60 ribu. Sementara Cabai Kriting  sebelumnya Rp 50 ribu, menjadi Rp 55 ribu rupiah per kilogram.

Kenaikan harga cabai tersebut dikeluhkan pembeli.  Fahrul mengatakan, meski harga cabai naik, tetap beli untuk memenuhi kebutuhan usaha warung miliknya.

Fahrul berharap, kondisi ini tidak  berlangsung lama. Berharap ada solusi dari pemerintah, sehingga harga cabai kembali normal.

Untuk memenuhi stok cabai di pasar Ama Hami, pedagang  setempat mendatangkannya  dari pulau Lombok. Sementara cabai lokal sulit didapat.

Meski harga cabai meroket di pasar,  namun tidak membawa dampak langsung bagi petani di Bima. Ahmad, seorang  petani cabai di Kabupaten Bima justru mengaku, petani lokal tidak mendapatkan keuntungan dengan kenaikan harga cabai saat ini.

Pasalnya kata Ahmad, cabai yang ditanam banyak yang rusak akibat tingginya intensitas hujan. Sehingga hasil panen berkurang.

"Kita mau jual mahal karena hasil panen sedikit, ga bisa karena resiko membusuk kalau disimpan terlalu lama, " katanya.  (tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda