Harga Cabai di Bima Sepedas Rasanya - Bima News

Wednesday, 17 March 2021

Harga Cabai di Bima Sepedas Rasanya

Cabai
ilustrasi
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Jika seminggu lalu, harga cabai di Kota Bima masih kisaran Rp 80 ribu per kilogram. Beberapa hari terakhir harganya melonjak hingga Rp 120 ribu per kilogram. Padahal, harga normal hanya Rp 30 hingga 50 ribu per kilogram.

Kenaikan harga cabai tersebut tentu dikeluhkan warga. Apalagi kenaikkan itu disaat kondisi ekonomi morat marit akibat Covid-19.

Kabid Perdagangan Diskoperindag Kota Bima, Rusnah SE mengatakan, kenaikan harga cabai saat ini karena stok yang sedikit. Cabai local banyak dikirim ke Pulau Lombok dan Jawa, sehingga harga jual di tingkat local melonjak.

Untuk menghentikan pengiriman cabai keluar daerah Diskoperindag  katanya, intens turun ke pasar. Mengawasi sekaligus membina pedagang cabai rawit.

 "Mereka bisa kirim keluar, jika stok cabai di pasar menumpuk," katanya, Rabu (17/3).

Jika di pasar, terjadi kekurangan cabai, pedagang diminta menghentikan pengiriman. Karena mempengaruhi stabilitas harga.

"Jika mereka tidak mengindahkan teguran dari dinas, mereka akan kami larang jualan di pasar," tandas Rusnah.

Selain cabai rawit, harga cabai kriting juga naik. Saat ini dijual Rp 60 ribu per kilogram, dari harga normal Rp 40 ribu per kilogram.

Sementara harga bawang merah, bawang putih dan komoditas lain masih stabil. "Biasanya jelang puasa, harga sejumlah komoditas akan naik, " pungkas Rusnah. (cr-jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda