4.653 Siswa Madrasah Se-Kabupaten Bima Ikuti UM - Bima News

Senin, 22 Maret 2021

4.653 Siswa Madrasah Se-Kabupaten Bima Ikuti UM

H Abdul Haris
H Abdul Haris MPd
 

BimaNews.id,BIMA-Jumlah siswa madrasah se-Kabupaten Bima yang mengikuti ujian tahun ini 4.653 orang. Terdiri dari 1.071 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), 2.219 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 1.363 siswa Madrasah Aliyah (MA). Tersebar di 65 MI, 55 MTs dan 33 MA.

Untuk tingkatan MA, siswa yang mengikuti ujian madrasah (UM) terdiri dari empat jurusan. Yaitu, Bahasa, IPA, IPS dan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).

"Terbanyak siswa madrasah yang UM tahun ini di Kecamatan Bolo," sebut Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Kabupaten Bima, H Abdul Haris MPd.

Pelaksanaan UM untuk tingkat MA dan MTs, 90 persen berbasis komputer. Hanya beberapa madrasah di di wilayah pelosok, masih melaksanakan ujian secara manual (tertulis). Seperti madrasah di Desa Sampungu.

Sementara untuk tingkat MI sebut Haris, sekitar 80 persen ujian berbasis komputer. "Kami tetap dorong madrasah untuk ujian berbasis komputer. Apalagi saat ini era teknologi, sehingga siswa dituntut untuk menguasai ilmu dan teknologi," katanya.

Haris optimis 2 hingga 3 tahun mendatang, semua madrasah di Kabupaten Bima akan melaksanakan ujian berbasis komputer. Karena progres madrasah beberapa tahun terakhir, menunjukkan trend positif. (cr-jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda