2021 Kemarau Bakal Panjang, Krisis Air di Kota Bima Diprediksi Makin Parah - Bima News

Wednesday, 17 March 2021

2021 Kemarau Bakal Panjang, Krisis Air di Kota Bima Diprediksi Makin Parah

Krisis Air
Ilustrasi 
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-BPBD Kota Bima menyatakan musim kemarau tahun 2021 akan lebih panjang dibanding tahun sebelumnya. Diperkirakan, krisis air bersih akan semakin meluas di Kota Bima.

Hal itu disampaikan Najamudian, Kabid Kedaruratan Bencana dan Logistik BPBD pada wartawan Senin, (15/3) lalu. Kata dia,  perkiraan kemarau panjang tersebut berdasarkan informasi dari BMKG Bima.

Disebutkan, Bima mulai memasuki musim kemarau pada bulan Maret 2021. Kondisi itu akan berlangsung  hingga Desember 2021 mendatang.

"Artinya, musim kemarau tahun ini lebih panjang," sebut pria yang akrab disapa Krisna ini.

Merujuk data tahun 2020 lalu, tercatat sekitar 20 kelurahan yang terdampak kekeringan. Dengan kemarau panjang, maka jumlah kelurahan yang akan terdampak bisa mencapai 30 dari 5 kecamatan di Kota Bima.

Untuk saat ini BPBD Kota Bima aku Krisna, terus mendroping air pada sejumlah kelurahan yang krisis air. Seperti di Kelurahan Tanjung, Kelurahan Dara, Kelurahan Sarae dan Lingkungan Sarata Kecamatan Rasanae Barat. Kemudian, di Kelurahan Melayu Kecamatan Asakota.

Wilayah Kota Bima bagian timur  juga katadia, tak luput dari krisis air bersih.  Seperti Kelurahan Nggarolo, Ntobo dan Nanga Nae Kecamatan Rasanae timur.

"Ini kelurahan yang kerap kekeringan tiap tahun. Potensi semakin meluas karena air PDAM tidak ada " jelasnya.

Ditanya langkah antisipasi dari  BPBD Kota Bima, Krisna mengaku, saat ini  pihaknya masih fokus menyuplai air bersih atas permintaan warga. Mereka juga koordinasi dengan BNPB terkait pengadaan tandon air bagi daerah-daerah yang dilanda kekeringan.

"Akan ada ratusan tandon air untuk Kota Bima dari BNPB Pusat," aku mantan Kasubag Protokoler di Bagian Prokopim Setda Kota Bima ini. (tin)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda