KPU Tetapkan AKJ-SYAH Pemenang Pilkada Dompu - Bima News

Kamis, 21 Januari 2021

KPU Tetapkan AKJ-SYAH Pemenang Pilkada Dompu

Penetapan
KPU Dompu menggelar rapat pleno penetapan Paslon AKJ-SYAH sebagai Bupati dan Wakil Bupati Dompu terpilih pada Pilkada 2020.
 


BimaNews.id,DOMPU-Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Abdul Kader Jaelani dan Syahrul Parsan (AKJ-SYAH) akhirnya ditetapkan sebagai Paslon terpilih pada Pilkada Dompu 2020. Penetapan dilakukan setelah mendapat rekomendasi dari Mahkamah Konstitusi dan KPU RI.

Penetapan itu berlangsung pada rapat pleno terbuka  di Aula Kantor KPU setempat, Kamis (21/1). Didampingi sang istri, Bupati dan Wakil Bupati terpilih datang ke KPU dengan mengenakan kemeja putih.

Rapat pleno tersebut dipimpin langsung Ketua KPU Dompu, Arifuddin. Selain ketua DPRD Dompu, hadir pula Kapolres Dompu, Dandim 1614 Dompu, Ketua Bawaslu, Kepala Kejaksaan dan sejumlah pejabat tinggi lain.

Didampingi empat Komisioner, Arifuddin memaparkan hasil Pilkada Dompu 2020. Pasangan nomor 1, Hj Eri Aryani dan H Ichtiar SH memperoleh 50.105 suara. Kemudian Paslon nomor urut 2, Abdul Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan ST MT sebanyak 58.039 suara dan Paslon nomor urut 3, H Syaifurrahman Salman SE dan Ika Rizky Veryani meraup 43.420 suara.

"Dengan demikian, Pilkada Dompu resmi dimenangkan Paslon nomor urut 2," sebutnya.

Dari 270 daerah provinsi, kabupaten dan kota yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2020 kata dia, sebanyak 132 KPU yang tercatat dalam gugatan perselisihan hasil pemilu di registrasi Mahkamah Konstitusi. Dari jumlah tersebut, KPU Kabupaten Dompu tidak termasuk.

"Penetapan Paslon terpilih agak lama karena harus menunggu rekomendasi dari MK," pungkasnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda