Pengurus IGI NTB Juara Pertama Pengawas Inspiratif Kemdikbud 2022 - Bima News

Senin, 28 November 2022

Pengurus IGI NTB Juara Pertama Pengawas Inspiratif Kemdikbud 2022

Surya
Surya Jaya, ST, MPd

bimanews.id, Mataram-Prestasi gemilang ditorehkan Surya Jaya, ST MPd, Pengawas SMK Cabang Dinas Pendidikan Sumbawa Barat, NTB. Bersangkutan dinobatkan sebagai pengawas sekolah  Dikmensus terbaik tingkat nasional tahun 2022 pada penganugerahan Apresiasi Pengawas Sekolah Inspiratif Tahun 2022.

Penghargaan diraih Surya Jaya sekaligus menjadi kado Hari Guru Nasional Tahun 2022. Pencapaian tersebut tertuang pada SK Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan, tentang Peserta Terbaik, Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif tahun 2022.

"Saya persembahkan pencapaian ini untuk insan pendidikan, khususnya Provinsi Nusa Tenggara Barat. Saya bertekad untuk terus bergerak dan menggerakkan ekosistem pendidikan demi kemajuan pendidikan  di NTB khususnya dan Indonesia," kata Surya Jaya.

Keberhasilan diraih Surya Jaya tentu melalui  perjuangan berat. Melewati  proses seleksi panjang dan sangat ketat. Mulai dari penilaian video dan naskah yang diikuti ratusan peserta  pengawas sekolah seluruh Indonesia, sehingga terpilih 30 peserta yang berhak mengikuti wawancara secara daring tentang kepemimpinan.

Setelah melalui proses wawancara daring, terpilih 20 peserta terbaik yang berhak ke tahap presentasi dan wawancara secara luring. Akhirnya dia terpilih menjadi peserta terbaik pengawas sekolah inspiratif tingkat nasional tahun 2022.

Judul naskah dan video yang mengantarkan Surya Jaya sebagai pengawas inspiratif tahun 2022 adalah Serasi & Teknik Taring, Strategi Jitu Pendampingan dan Pembimbingan Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi.

Karya ini menggambarkan bagaimana pendampingan dan pembimbingan oleh pengawas sekolah untuk memastikan pembelajaran berdiferensiasi terjadi di sekolah. Terhadap praktik baik tersebut, akan terus dan konsisten dilakukan, sehingga semua sekolah menerapkan pembelajaran yang berpihak pada peserta didik.

"Bersyukur atas rahmat Allah SWT, terima kasih untuk kedua orang tua, keluarga, Dinas Dikbud Provinsi NTB, sekolah binaan SMKN 1 Taliwang yang selalu memberikan dukungan selama ini serta semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu. Ini akan menjadi motivasi untuk berbuat jauh lebih baik, demi kemajuan Pendidikan," ujar Surya Jaya 

"Semoga karya ini bisa menginspirasi semua orang, untuk bersama-sama, berkolaborasi mewujudkan dan memastikan pembelajaran yang dilakukan berpihak pada peserta didik," tambahnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda