PT AMT, PT ACS dan BEM FITH-UTS Kolaborasi Gelar Talkshow Tentang Keselamatan Kerja - Bima News

Senin, 17 Oktober 2022

PT AMT, PT ACS dan BEM FITH-UTS Kolaborasi Gelar Talkshow Tentang Keselamatan Kerja

Talkshow
Peserta yang mengikuti kegiatan talkshow K3L (HSE) yang dilaksanakan secara online  oleh PT. Alif Muh Teknologi  bersama PT. Adiguna Cakra Semesta dan BEM Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Ahad malam (16/10)

bimanews.id, Sumbawa-Menyongsong industrialisasi di NTB, PT. Alif Muh Teknologi bersama PT. Adiguna Cakra Semesta dan BEM Fakultas Ilmu dan Teknologi Hayati (FITH) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), mengadakan Talkshow K3L (HSE). Kegiatan yang dilaksanakan secara online melalui google meet mengangkat tema berlangsung, Ahad malam (16/10).

Talkshow yang diikuti 100 peserta itu mengangkat tema, ‘Pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja serta Lingkungan (K3L) atau Health Safety Environment (HSE) dalam semangat industrialisasi di NTB’.  Dibuka Dekan FITH-UTS Dr. Ali Budhi Kusuma, S.Si., M.Sc., ALS.

Hadir sebagai pemateri, Muamar,  SH. MH sebagai praktisi hukum lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) sekaligus  sebagai keynote speaker. Dia menjelaskan tentang ‘Peran HSE dalam Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Perubahan Paradigma Penegakan Hukum Lingkungan Pasca Terbitnya UndangUndang Cipta Kerja).

Narasumber pertama pada acara tersebut, Mu’amar Fadlil, ST, CEO PT Alif Muh Teknologi.  Menyampaikan materi tentang peraturan perundangan K3, Panitia Pembina Keselamatan dan Kesehatan Kerja (P2K3) di perusahaan, posisi strategis K3L di perusahaan dan peran penerapan sistem Manajemen K3 (SMK3) kaitannya dengan ‘Contractor Safety Management System’ (CSMS) pada proses tender/lelang.

Narasumber kedua Mardani Ikhsan, A.MdTP merupakan QHSE Officer di PT Nindya Karya pada Proyek Pembangunan Bendungan Beringin Sila Paket II. Menyampaikan materi tentang contoh penerapan K3L di tempat kerjanya, ‘Lagging-Leading Indicator’, program-program K3L, gerakan Go Green serta penghargaan K3L yang pernah didapat.

Narasumber terakhir Drs. Sidiq Gritto, QHSE Manager di PT Adiguna Cakra Semesta yang bergerak dalam pekerjaan pengeboran minyak dan gas Bumi serta Geothermal. Menyampaikan materi tentang peran industrialisasi di NTB, 3 faktor implementasi program K3, teori-teori kecelakaan kerja , Penyebab dan upaya pencegahan kecelakaan kerja, serta pengendalian risiko/bahaya K3L.

Setelah semua narasumber menyampaikan materi, dilanjutkan sesi tanya jawab dan diskusi.

‘’Ada 5 peserta yang bertanya. Sebenarnya masih banyak lagi peserta lainnya antri untuk dapat bertanya dan mendiskusikan topik K3L tersebut. Suasana forum sangat tertib dan aktif, nampak antusiasme para peserta yang tertarik tentang K3L (HSE),’’ jelas Mu’amar Fadlil.

Diakhir para narasumber menyampaikan closing statement.  Drs. Sidiq Gritto berpesan, generasi muda harus aktif mempersiapkan dan mengambil peluang pada era industrialisasi yang terus berkembang di Indonesia, khususnya di NTB.

“K3L adalah tanggung jawab kita bersama, bukan hanya personil HSE di tempat kerja,” terangnya.

Sementara Mardani Ikhsan mengingatkan, untuk aktif mengidentifikasi dan menangani setiap kondisi dan tindakan tidak aman (unsafe condition & unsafe action) di tempat kerja.

Terakhir Mu’amar Fadlil menekankan, dua hal yang tidak dapat dibeli yakni, waktu dan nyawa. Gunakan waktu untuk mempersiapkan diri menyambut peluang ke depan. Utamakan nyawa dalam setiap aktivitas pekerjaan.

 “Lebih baik terlambat sedikit untuk penerapan K3L daripada cepat, tapi menyesal kemudian,” pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diberikan doorprize berupa kesempatan mengikuti pelatihan kompetensi K3 dari PT Alif Muh Teknologi untuk 2 peserta dengan pertanyaan terbaik.  Diraih Irma Yani dan Dwi Grawana Chalista.

Doorprize diberikan untuk 2 peserta yang mengisi Quiz K3L dengan nilai tertinggi dan tercepat diraih oleh Ulfa Febiana Whatin dan Muhammad Ade Putra.

Acara tersebut diakhiri dengan penutupan secara resmi oleh Dekan FITH-UTS, Dr. Ali Budhi Kusuman.  “Kami berterima kasih atas terselenggaranya kegiatan yang bermanfaat ini. Dari kegiatan ini  kami mendapat sudut pandang baru tentang penerapan K3L dari praktisi langsung,’’ tutupnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda