Kapasitas Kecil, Tiap Hari 20 Kapal Ngantri di Pelabuhan Bima - Bima News

Jumat, 01 Juli 2022

Kapasitas Kecil, Tiap Hari 20 Kapal Ngantri di Pelabuhan Bima

Dermaga
Aktivitas di dermaga di Pelabuhan Soekarno Hatta Bima 
 

BimaNews.id, Kota Bima-Di bulan Maret hingga November lalulintas kapal yang keluar masuk di Pelabuhan Soekarno Hatta Bima cukup padat. Tidak heran, di bulan tersebut sekitar  10 hingga 20 kapal mengantri untuk bisa menyandar.

Kondisi itu diakui Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP Kelas IV Bima, Syaifuddin. Kata dia, panjang  Pelabuhan Bima 245 meter. Itupun gabungan dari dua terminal.

‘’Terminal 1 sepanjang 50 meter, itu dikelola Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bima. Sedangkan terminal 2 sepanjang 195 meter oleh PT  Pelindo Cabang Bima,’’ sebutnya pada media ini, Kamis (30/6).

Di terminal 1  bebernya, sehari hanya bisa disandari 3 hingga 4 unit kapal. Itupun, tergantung cepat atau lambatnya bongkar muat. Karena kapasitasnya, hanya cukup disandari satu kapal.

‘’Kalau di dermaga terminal 2, bisa  disandari sekaligus  tiga kapal,’’ ujarnya.

Kapasitas dermaga yang kecil sering dikeluhkan pemilik kapal. Karena semakin lama mereka antri, semakin tinggi biaya yang harus dikeluarkan. Belum Bahan Bakar Minyak (BBM) dan kebutuhan lain selama mereka menunggu.

Keluhan itu akunya sudah disampaikan ke Menteri Perhubungan (Menhub) dengan mengajukan anggaran perpanjangan dermaga. Sejauh ini belum direspon.

Terutama katanya, dermaga di terminal 1 yang dikelolah KSOP Bima. Paling tidak penambahan 100 meter lagi, supaya bisa bersandar tiga kapal sekaligus. (red)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda