Imbas Zonasi, SMPN 7 Kota Bima Tutup Sebagian Kelas - Bima News

Thursday, 21 July 2022

Imbas Zonasi, SMPN 7 Kota Bima Tutup Sebagian Kelas

Ilustrasi
Ilustrasi
 

BimaNews.id, Kota Bima-Sebagian ruang kelas di SMPN 07 Kota Bima terpaksa ditutup. Ini imbas dari sistem zonasi. Jumlah siswa baru yang diterima menurun.

 

Untuk tahun ajaran baru 2022-2023 ini, jumlah siswa baru hanya 62 orang yang mendaftar. Padahal di sekolah tersebut tersedia 15 ruang kelas.

 

"Benar-benar jauh dari target. Sistem zonasi yang diterapkan tidak berjalan semestinya," keluh Kepala SMPN 07 Jatiwangi Kota Bima, Sa'adatul Hayat, S.Pdi, M.Pd, dikonfirmasi, Rabu (20/7).

 

Dampak berkurangnya jumlah siswa, sekolah terpaksa kecuali menutup sebagian ruang kelas. "Dari 15 ruang kelas yang ada, sebagian ditutup," katanya.

 

Dengan sistem zonasi, harusnya kebutuhan siswa baru terpenuhi, dengan mengakomodir  tamatan siswa SD terdekat. Nyatanya,  mereka banyak  memilih melanjutkan pendidikan di sekolah lain di luar zona.

 

"Orang tua cenderung memilih sekolah di luar zona. Kami tentu tidak bisa memaksa," ujarnya.

 

Berbagai upaya telah dilakukan untuk menarik perhatian orang tua, agar mendaftarkan anaknya di sekolah terdekat.  Namun,  tidak berarti.

 

"Kalau kondisi seperti ini terus terjadi, tidak tertutup kemungkinan sekolah ini  bakal bubar alias tidak beraktivitas lagi," ujarnya.

 

Dia meminta, penerapan sistem zonasi diperketat lagi. "Jangan ada yang keluar jalur lagi,’’ tandasnya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda