Siapkan Generasi Penjaga Al Qur’an, ASF Gelar Lomba Tahfidz Qur'an se Pulau Sumbawa - Bima News

Jumat, 15 April 2022

Siapkan Generasi Penjaga Al Qur’an, ASF Gelar Lomba Tahfidz Qur'an se Pulau Sumbawa

Tahfidz
Semi final lomba tahfidz Al Quran se Pulau Sumbawa yang dilaksanakan Amazing Sedekah Fondation (ASF) NTB yang berlangsung di Masjid Al Ikhlas, Desa Mpili, Kecamatan Donggo beberapa waktu lalu.
 

BimaNews.id, BIMA-Merangsang generasi muda untuk mencintai Al Quran, Amazing Sedekah Fondation (ASF) NTB mengadakan lomba tahfidz qur’an se Pulau Sumbawa. Lomba ini untuk tiga jenjang, yakni  tingkat SD/MI, SMP/MTs dan SMA sederajat.

‘’Kita telah membuka pendaftaran untuk lomba ini sejak Maret lalu,’’ sebut Ketua Panitia LTQ se Pulau Sumbawa Nety Kusmiati, Jumat (15/4).

Peserta yang telah mendaftar  akunya cukup banyak. Untuuk tingkat SD/MI sebanyak 234 orang, jenjang SMP/MTs 47 orang dan SMA sederajat  33 orang.

Jumlah peserta yang mendaftar totalnya 314 orang. Mereka dari berbagai daerah di Pulau Sumbawa. Seperti dari Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, Kota Bima maupun Kabupaten Sumbawa.

‘’Peserta terbanyak dari Kabupaten Dompu dan Bima untuk semua jenjang,’’ katanya.

Setelah mendaftar jelas Nety, panitia membuat tahapan seleksi untuk peserta. Diawali dengan audisi online.

Setiap peserta harus mengirim video hafalan ke masing-masing penangungjawab di setiap jenjang untuk diteruskan ke koordinator tim juri online.

Namun  peserta yang mengirim video hafalan 173 orang. Rinciannya,  peserta jenjang SD/MI  hanya 125 orang, jenjang SMP/MTs  26 orang dan SMA/MA/SMK sebanyak 22 orang.

Hasil audisi online terhadap peserta ditetapkan 10 besar untuk tiap jenjang. Atau total peserta yang lolos ke semi final 30 orang.

Lomba semi final sudah dilaksanakan, Selasa (12/4) lalu di Masjid Al Ikhlas Desa Mpili, Kecamatan Donggo. Dihadiri Camat Donggo, Kepala KUA Kecamatan Donggo, kepala desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Koordinator Amazing Sedekah Foundation (ASF)  NTB Ustadz Sholeh Abdurrahman, S.Pd  mengatakan,  ASF dibentuk tahun 2020 dengan program, menebar Al Qur'an di berbagai wilayah. Memotivasi anak-anak untuk menghafal, menjaga dan mengamalkan isi Al Qur'an.

Camat Donggo Ardavis, S.Sos mengaku, bangga dan berterima kasih kepada ASF telah memilih Donggo sebagai tuan rumah kegiatan LTQ. Camat berharap kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan tiap tahun.

‘’Al Qur'an sebagai pedoman hidup kita ummat Islam. Sebaik-baik orang yaitu mereka  yang mengamalkan Al Qur'an,’’ terangnya.

Semi final berlangsung selama dua hari,  yakni tanggal 12 dan 13 April.  Acaranya dikemas, tidak hanya  menilai kemampuan peserta menghafal Al Quran. Tapi juga mendengar testimoni dari orang tua peserta. Tentang kenapa mendidik anak mereka di Ponpes dan menjadi tahfidz Al Quran.

‘’Untuk final akan digelar Sabtu (16/4) besok,’’ tutup Nety. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda