Kandidat Calon Pilkades di Kabupaten Bima 50 Persen dari Kalangan Muda - Bima News

Minggu, 13 Maret 2022

Kandidat Calon Pilkades di Kabupaten Bima 50 Persen dari Kalangan Muda

Pilkades
Ilustrasi google
 

BimaNews.id, BIMA-Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Bima pada 6 Juli 2022 diikuti 57 desa. Saat ini masuk tahap pendaftaran. Bagi  desa dengan jumlah calon lebih dari dua orang telah ditutup pada 7 Maret lalu.

‘’Desa yang saat ini baru dua kandidat calon yang mendaftar diperpanjang hingga 23 Maret mendatang,’’ jelas Kabid Pemdes, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, Safriatna beberapa hari lalu.

Satu hari setelah itu, dilanjutkan dengan penetapan nama-nama calon yang berhak mengikuti tahapan seleksi. Tentunya, harus  memenuhi syarat yang telah ditentukan, berdasarkan Perbub Nomor 52 Tahun 2021, tentang tata cara pencalonan, pemilihan, pengangkatan, pelantikan dan pemberhentian kepala desa.

Data sementara kata dia, jumlah kandidat calon untuk 57 desa yang menggelar Pilkades tercatat sebanyak 250 orang. Tiap desa jumlahnya variatif, ada yang 2 hingga 9 orang. Rata-rata petahana masih ikut, kemudian perangkat desa dan kalangan muda.

"Dari jumlah kandidat yang mendaftar itu sekitar 50 persen merupakan kalangan muda," sebut warga Kelurahan, Rabadompu Barat, Kecamatan Rasa Na'e Timur, Kota Bima ini.

Keterlibatan kalangan muda dalam pencalonan kepala desasiasi. Karena ada keinginan untuk membangun desa dengan gagasan dan ide kreatif yang dimiliki.

"Saya mendukung mereka ambil bagian. Mungkin di tangan mereka desa semakin baik dan maju," harapnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda