Kok Bisa? Nama Masuk Dapodik Sebagai Honda, Tapi Tidak Ditemukan SK Bupati - Bima News

Kamis, 10 Februari 2022

Kok Bisa? Nama Masuk Dapodik Sebagai Honda, Tapi Tidak Ditemukan SK Bupati

Dapodik
Foto data Dapodik atas nama Marlina, guru sukarela SMPN 4 Soromandi yang secara kebetulan diketahui saat mengikuti tes P3K pada Agustus 2021 lalu
 

BimaNews.id, BIMA-Pemkab Bima menyikapi soal guru sukarela di SMPN 4 Soromandi atas nama Marlina, kaget namanya ada di Dapodik denga status guru honorer daerah (Honda). Itupun secara kebetulan ketika mengikuti tes P3K pada Agustus 2021 lalu.

Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima Suryadin mengaku, sudah mengecek SK Bupati Bima atas nama Marlina. Namun tidak ditemukan.

Sudah kami cek, tidak ada SK Bupati Bima atas nama bersangkutan," katanya, Rabu (9/2).

Diketahui, Marlina tercatat sebagai guru dengan status honorer daerah dalam Data Pokok Kependidikan (Dapodik).  Dengan NIK; 5206154111820001,  NUPTK; 5433760660130173 dan SIMPKB ID; 201901120299. Suryadin mengaku telah mengecek status kepegawaian Marlina di sistem Surat Keputusan (SK). Namun nama Marlina tidak ditemukan dalam data tersebut.

Untuk lebih detailnya, Suryadin menyarankan konfirmasi kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Diklat. Karena mereka yang lebih mengetahui data kepegawaian honorer di Pemkab Bima.

"Jika benar ada SK, bisa ditunjuk untuk dilakukan proses verifikasi dan klarifikasi terhadap yang bersangkutan," jelas dia.

Soal nama Marlina tercatat di Dapodik, Dia menyarankan lagi untuk menghubungi operator Dikbudpora Bima. "Untuk informasi itu bisa konfirmasi ke operator Dapodik yang input data," sarannya lagi.

Operator Dapodik Dikbudpora Bima Agung belum bisa dihubungi. Sementara, Kabid Mutasi BKD dan Diklat Kabupaten Bima Indra Fajar malah menyarankan menghubungi Kabag Prokopim Setda Bima. "Nanti bisa ke Kabag Protokol soal ini ya," jawab dia.

Sebelumnya, Marlina mengetahui dirinya pegawai honorer daerah saat mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) akhir 2021. Dalam data Dapodik, dia tercatat sebagai pegawai honorer guru Mata Pelajaran (Mapel) IPS, pengangkatan 17 Juni 2010. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda