Status Siaga Darurat La Nina, Kota Bima Pasang Alat Pendeteksi Cuaca Beberapa Titik - Bima News

Kamis, 11 November 2021

Status Siaga Darurat La Nina, Kota Bima Pasang Alat Pendeteksi Cuaca Beberapa Titik

Hj. Siti Zaenab
Hj. Siti Zaenab
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- Pemerintah Provinsi NTB menetapkan Kota Bima sebagai daerah dengan status siaga darurat, imbas cuaca ekstrem La Nina. Status wilayah yang dipimpin pemerintahan Lutfi-Feri tersebut ditetapkan sejak, Senin (8/11).

"Sekarang Kota Bima berstatus siaga darurat," jelas Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Kota Bima, Ir Hj Siti Zaenab, Rabu (10/11).

Pasca ditetapkan status tersebut, selain tingkatkan sosialisasi sebagai antisipasi cuaca ekstrem La Nina. BPBD juga sudah melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) bersama pimpinan daerah dan TNI-Polri. Termasuk pemasangan alat pendeteksi cuaca.

"Pada Rakor itu, TNI-Polri diminta siaga menghadapi imbas La Nina," terangnya.

Kemudian relawan di setiap kelurahan, telah diimbau tetap siaga memberikan penanganan. Kemudian melaporkan ke BPBD jika di wilayah masing-masing berpotensi terjadi banjir atau tanah longsor yang lebih besar.

"Supaya kami bisa mengarahkan relawan yang lebih banyak lagi," terangnya.

Sementara alat pendeteksi cuaca, jelas dia telah dipasang di sejumlah titik. Seperti di Kelurahan Kendo, Lampe, Lelamase dan disejumlah titik lain.

"Alat itu bisa mengukur intensitas curah hujan. Dan itu akan mempermudah kami mengetahui lebih awal jika terjadi banjir," jelasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda