MTQ Tingkat Kabupaten Digelar di Lapangan Semangka Sape pada 4 November - Bima News

Thursday, 14 October 2021

MTQ Tingkat Kabupaten Digelar di Lapangan Semangka Sape pada 4 November

Jubair
Jubair SAg
 

BimaNews.id, BIMA-Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat kabupaten digelar 4 November mendatang. Kegiatan keagamaan itu akan dipusatkan di Lapangan Semangka Desa Naru Kecamatan Sape ini.

"Bupati ingin MTQ kali ini jadi moment spesial bagi masyarakat Sape," terang Kabag Kesra Setda Kabupaten Bima Jubair SAg beberapa hari lalu.

Pelaksanaan MTQ tahun ini harusnya digelar Oktober. Namun, diundur karena Kecamatan Wera hingga saat ini belum menggelar MTQ tingkat kecamatan.

"Kami tidak tahu apa alasannya. Padahal sudah sering dikasih tahu. Kita minta mereka menggelar sebelum MTQ kabupaten dimulai," ujar Mantan Sekcam Lambu ini.

Menjelang MTQ tingkat kabupaten, berbagai persiapan sudah dilakukan. Selain panggung, penginapan kafilah dan ketersediaan air bersih sudah dimaksimalkan.

"Air bersih kerap jadi kendala setiap MTQ. Jadi, kali ini kita pastikan air bersih, aman," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan melibatkan sejumlah personel TNI dan Polri untuk menjaga setiap tempat penginapan. Untuk memberikan rasa aman bagi qori-qoriah yang datang dari berbagai kecamatan.

"Itu arahan bupati. Beliau ingin MTQ kali ini beda dengan sebelumnya. Semua kafilah harus terlayani dengan baik," katanya.

MTQ kata dia, rencananya digelar selama 8 hari dengan sejumlah mata lomba. Mulai dari tilawah, tartil, sahril Qur'an, makalah atau karya ilmiah Al-Qur'an, kaligrafi, tahfiz dan lain-lain.

Camat Sape M Akbar Musa SP MSi mengaku siap menyambut pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Bima tahun 2021. Merupakan kebanggaan bagi masyarakat Sape terpilih sebagai tuan rumah MTQ.

"Kita siap sambut baik," kata Akbar, Rabu (13/10).

Saat ini, berbagai persiapan mulai dilakukan. Termasuk panggung utama sudah mulai dikerjakan. Meski dilanda musibah kebakaran, tidak menyurutkan semangat panitia menggenjot persiapan MTQ.

"InsyaAllah pembukaan tetap tanggal 4 November, meski saat ini Sape sedang dilanda musibah kebakaran," ujar mantan Kabag SDA Setda Kabupaten Bima ini. (red)

Bagikan artikel ini

1 comment

  1. Mudah"an kakanda Jubair bisa mengemban amanah ini dengan baik 🤲 demi kemaslahatan ummat didana mbojo pada umumnya

    ReplyDelete