Gara-gara Bakar Sampah, 63 Unit Rumah di Bima Terbakar - Bima News

Sunday, 10 October 2021

Gara-gara Bakar Sampah, 63 Unit Rumah di Bima Terbakar

Kebakaran
Kebakaran yang terjadi di  Dusun Kalo, Desa Naru Barat, Kecamatan Sape, Minggu (10/10)
  

BimaNews.id, KOTA BIMA-Kebakaran hebat kembali terjadi di wilayah Kabupaten Bima, Minggu (14/30) sekitar pukul 14.30 wita. 63 unit rumah terbakar.

Camat Sape, Muhammad Akbar dikonfirmasi membenarkan, api sudah menghanguskan puluhan rumah di Dusun Kalo, Desa Naru Barat Kecamatan Sape Kabupaten Bima.

Menurut Akbar, kebakaran terjadi akibat pembakaran sampah oleh warga setempat. Karena angin kencang, api merambat ke rumah warga.

Untuk memadamkan api, pihak kecamatan mengerahkan satu unit mobil kebakaran dibantu empat mobil tangki. Termasuk mobil tangki dari Kecamatan Wawo.

Kondisi pemukiman warga yang padat, dengan tiupan angin kencang, api dengan cepat merambat, hingga puluhan rumah hangus.

Tim Damkar diakui sigap atas laporan musibah kebakaran. Namun, karena  tiupan angina kencang, api dengan cepat merambat dan membesar. Petugas kesulitan menjinakkan api.

"Sekitar dua setengah sampai tiga jam, api baru bisa dipadamkan. Empat kali mobil bolak balik, mengambil air untuk memadamkan api,’’ sebut Akbar.

Saat ini sedang didinginkan oleh sejumlah mobil pemadam kebakaran. Jumlah kerugian masih didata.

"Untuk korban jiwa atau luka, belum ada informasi,’’ pungkasnya.

Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima Suryadin MSi menyampaikan, Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri sudah mengintruksikan BPBD Kabupaten Bima, segera menghimpun jumlah kerugian akibat kebakaran tersebut.

"Bupati sudah instruksikan Kepala Pelaksana BPBD dan Kadis Sosial untuk mendrop bantuan tanggap darurat  kepada korban kebakaran, " tandasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda