SMAN 2 Kota Bima Laksanakan ANBK, Sebagai Pengganti UN - Bima News

Kamis, 30 September 2021

SMAN 2 Kota Bima Laksanakan ANBK, Sebagai Pengganti UN

Kegiatan
Siswa SMAN 2 Kota Bima saat mengikuti ANBK, Rabu (29/9).
 

BimaNews.id, KOTA BIMA- SMAN 2 Kota Bima melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Kegiatan sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) tersebut dimulai tanggal 27 hingga 30 September 2021.

"Hari pertama dan kedua diikuti 45 siswa kelas XI dengan 5 orang cadangan. Dibuka tiga sesi, setiap sesi diikuti 15 siswa dengan durasi waktu 135 menit tiap sesi," jelas Ketua panitia pelaksana kegiatan, Abdul Gani SPd, Rabu (29/9).

Sementara ketiga, Rabu (29/9) hingga Kamis (30/9) kata dia, ANBK diikuti siswa kelas X dengan materi ujian tentang literasi dan numerasi. Jumlah peserta sama dengan sesi sebelumnya.

"Setelah ini akan ada lagi kegiatan lanjutan, yaitu survei lingkungan belajar yang diisi semua dewan guru dan Kepala Sekolah (Kasek)," bebernya.

Sementara Kasek SMAN 2 Kota Bima, H. Eddy Salkam  SPd mengatakan, pelaksanaan ANBK dua hari sebelumnya berjalan lancar tanpa kendala. Berkat dukungan sarana dan prasarana yang memadai.

ANBK kata dia, merupakan satu diantara program merdeka belajar yang dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"ANBK ini pengganti Ujian Nasional (UN)," jelasnya.

ANBK kata dia, dilaksanakan pada awal atau pertengahan jenjang kelas X dan XI. Kemudian asesmen sifatnya menyeluruh, tidak hanya hasil belajar seperti pada UN.

"Kalau UN biasanya diikuti kelas XII di akhir jenjang. Kalau asesmen bisa diikuti siswa kelas X dan XI," beber ayah dua anak ini. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda