Peringati HUT ke-30, Ratusan Siswa SMAN 4 Khatam Al-Qur'an - Bima News

Sabtu, 25 September 2021

Peringati HUT ke-30, Ratusan Siswa SMAN 4 Khatam Al-Qur'an

Khataman

Ratusan siswa SMAN 4 Kota Bima mengikuti khataman Al-Qur'an di aula sekolah setempat, Jumat (24/9).

 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Memperingati HUT ke-30, SMAN 4 Kota Bima menggelar berbagai kegiatan. Satu diantaranya, menggelar khataman massal Al-Qur'an bagi siswa kelas XII.

Sedikitnya, 192 siswa menamatkan bacaan Al-Qur'an yang digelar di aula sekolah setempat, Jumat (24/9). Dengan menerapkan protokol kesehatan, kegiatan tahunan itu berlangsung sukses dan lancar.

Kepala SMAN 4 Kota Bima, Siti Maryatun, SPd, MM menyampaikan selamat kepada para siswa yang menamatkan bacaan Al-Qur'an. Dia berharap peserta didik menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup.

"Setelah khatam bukan berarti siswa berhenti untuk membaca Al-Qur'an. Tapi, harus ditingkatkan, agar menjadi generasi yang berguna bagi agama dan bangsa," harap Siti Maryatun.

Kegiatan ini kata dia, rutin diadakan setiap tahun. Dikhususkan bagi siswa kelas XII sebelum mengakhiri masa studi di SMAN 4.

"Sebelum keluar dari SMAN 4, mereka wajib khatam. Kemudian diberikan sertifikat khatam Al-Qur'an untuk memudahkan mereka mendaftar ke perguruan tinggi," katanya.

Jumlah siswa yang khatam kali ini kata dia, hanya 192 dari 307 siswa kelas XII. Bagi yang belum, akan khatam secara bertahap melalui kegiatan Imtaq dan pengajian rutin di sekolah.

"Bagi siswa yang belum mahir akan dilatih terus oleh guru pendidikan agama Islam, selaku pembina TPQ," sebutnya.

Baca Quran jelas Atun, merupakan kegiatan ekstrakurikuler melalui Taman Pendidikan Quran (TPQ) SMAN 4. Selain memotivasi peserta didik lain, juga untuk membentuk karakter siswa.

"Akademik dan spiritual harus sejalan. Agar mereka menjadi siswa yang cerdas dan berakhlak," harapnya.

Selain khatam Al-Qur'an, SMAN 4 juga akan menggelar acara puncak HUT pada Sabtu (25/9). Peringatan HUT kali ini akan ditandai dengan pemotongan tumpeng serta diisi dengan bazar pengolahan makanan khas Bima.

"Sebenarnya hari puncak HUT tanggal 19 September. Karena bersamaan dengan kegiatan nasional, diundur 25 September bertepatan hari Sabtu budaya," jelas Atun sapaan akrab Kepala SMAN 4 Kota Bima ini.

Mengingat pendemi, kegiatan akan digelar sederhana dengan tamu undangan dibatasi. Dihadiri, Kepala KCD Dikbud, seluruh mantan Kepala SMAN 4, pengawas pembina dan kordinator pengawas, ketua alumni serta komite.

"InsyaAllah kegiatannya mulai jam 08.00 Wita," tuturnya.

Pada acara puncak kata dia, juga diisi dengan pemberian bingkisan paket bahan pokok pada 32 siswa. Masing-masing satu siswa dari tiap kelas.

Juga menggelar donor darah massal. Bhakti sosial akan digelar Rabu pekan depan dengan melibatkan guru dan siswa.

"Ini rutin setiap memperingati HUT sekolah. Termasuk lomba-lomba kebersihan kelas, Tartil serta lomba permainan tradisional sudah digelar menyambut HUT beberapa hari lalu," pungkasnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda