Perjelas Tapal Batas Sampungu-Kiwu, Camat Soromandi Temui Biro Pemerintahan Pemprov - Bima News

Thursday, 1 July 2021

Perjelas Tapal Batas Sampungu-Kiwu, Camat Soromandi Temui Biro Pemerintahan Pemprov

Zulkifli SH
Zulkifli SH.MH
 

BimaNews.id, BIMA-Camat Soromandi, Zulkifli SH. MH berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan tapal batas antara Kabupaten Bima dan Dompu di Desa Sampungu dan Kiwu. Hal ini, untuk menghindari terjadinya konflik antar masyarakat.

"Penyelesaian tapal batas ini sudah jadi komitmen saya ketika dipercaya menjadi Camat Soromandi. Saya akan berjuang untuk itu," tegas Zulkifli.

Penyelesaian tapal batas antara Desa Sampungu dan Desa Kiwu Kecamatan Kilo Dompu bukan sekadar wacana. Ia bahkan sudah menemui langsung Biro Pemerintah Pemprov NTB, perihal tapal batas dua desa tersebut.

"Alhamdulillah, Pemprov NTB merespon baik. Insyaallah, waktu dekat mereka akan turun, meninjau langsung batas wilayah tersebut,’’ akunya.

Selain Pemprov, Zulkifli juga mengaku sudah membahas persoalan tapal batas dengan Pemerintah Kecamatan Kilo. Untuk menghindari terjadi konflik, dua kecamatan sepakat menunggu keputusan Pemprov NTB.

"Tatapem Setda Bima juga merespon baik penyelesaian tapal batas. Mereka siap dukung," jelasnya.

Penentuan batas wilayah bukan hanya antar Desa Sampungu dan Kiwu. Tapi, juga menyangkut titik koordinat wilayah Kabupaten Bima dan Dompu.

Oleh karena itu, persoalan ini harus secepatnya disikapi Pemprov NTB. Tidak bisa dibiarkan berlarut-larut, karena akan berdampak kepada kepemilikan lahan masyarakat kedua desa di wilayah perbatasan. Seperti administrasi pertanahan,  status lahan hingga penerbitan SPPT.

"Kalau tidak ditangani serius, bisa memicu saling klaim antar warga di wilayah perbatasan. Itu yang kita jaga," ungkapnya. (jw)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda