Idul Adha, Rutan Klas IIB Bima Potong 4 Ekor Kambing - Bima News

Selasa, 20 Juli 2021

Idul Adha, Rutan Klas IIB Bima Potong 4 Ekor Kambing

Salat Ied
Ratusan tahanan Rutan Bima mengikuti Salat Idul Adha di halaman Rutan setempat, Selasa (20/7).

BimaNews.id, BIMA-Rumah Tahanan (Rutan) Klas IIB Bima merayakan Idul Adha 1142 Hijriyah dengan menyembelih 4 ekor kambing. Para narapidana menyambut antusias penyembelihan hewan kurban satu tahun sekali itu.

Kepala Rutan Klas IIB Bima M Saleh mengatakan, hewan kurban tersebut diperoleh dari dari berbagai pihak. Dua ekor, sumbangan Bupati Bima, satu dari PLN dan satu dari Bank Mandiri Bima.

"Alhamdulillah, tahun ini kami dapat 4 ekor kambing," kata M Saleh ditemui di ruang kerjanya usai salat Ied.

Jumlah hewan kurban tahun ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Dimana pada idul kurban sebelum, Rutan Bima dapat sumbangan satu ekor sapi dan sejumlah kambing.

“Tahun ini sedikit berkurang. Tapi Kami menyampaikan terimakasih kasih pada sejumlah pihak yang ikut menyumbang hewan kurban ini," terangnya.

Pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini kata dia, dilakukan setelah salat Ied. Halaman belakang Rutan menjadi lokasi pemotongan.

"Hewan kurban ini harus dihabiskan sehari. Tidak boleh ada yang tersisa untuk hari berikutnya," kata pria asli Sape ini.

Penyembelihan hewan kurban diharapkan, dapat menumbuhkan kebersamaan antar warga di Rutan. Mengingat di tengah pendemi kegiatan kunjungan keluarga ditiadakan.

"Idul kurban ini menjadi momentum yang tepat bagi warga Rutan untuk instropeksi agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi," pungkasnya.

Pelaksanaan salat Ied berlangsung lancar. Diikuti seluruh warga tahanan dan pegawai Rutan. Bertindak sebagai khatib, Ustadz Sulfarhan Abdullah, Guru di Ponpes Imam Safi'i. Sedangkan Imam, Ustadz Abdul Haris, guru Ponpes Fastabiqul Khoirot, Waduwani, Woha. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda