Hampir Setahun Menunggu, Akhirnya Insentif Nakes Kabupaten Bima Dibayarkan - Bima News

Rabu, 14 Juli 2021

Hampir Setahun Menunggu, Akhirnya Insentif Nakes Kabupaten Bima Dibayarkan

Wahyudin
Wahyudin Idrus
 

BimaNewsBIMA-Setelah menunggu hampir satu tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima akhirnya mencairkan insentif Tenaga Kesehatan (Nakes) Covid-19.

Kepala BPPKAD Kabupaten Bima, melalui Kabid Anggaran, Wahyudin Idrus SE MM mengungkapkan, anggaran untuk insentif itu telah dicairkan, Jumat (9/7).

"Anggaran untuk insentif Nakes totalnya Rp 6,3 miliar," sebutnya pada media ini, Rabu (14/7).

Anggaran sebesar itu lanjutnya, dicairkan melalui rekening beberapa rumah sakit atau Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Seperti, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bima, beberapa puskesmas dan RSUD Sondosia.

"Anggaran ini untuk pembayaran insentif Nakes mulai Januari 2021," sebutnya.

Sejumlah anggaran itu  kata dia, tidak hanya untuk Nakes. Juga untuk tenaga pendukung lain, seperti supir ambulance,  petugas laundry yang mencuci Alat Pelindung Diri (APD) dan tenaga lain yang ikut terlibat.

Pencairan anggaran ini, setelah semua berkas dan draf regulasi sebagai dasar pencairan selesai. Penyusunan draf melibatkan tim dari BPPKAD, Dikes dan Bagian Hukum setda Kabupaten Bima.

"Tim ini langsung dikoordinir Sekda," sebutnya.

Selain insentif tahun ini, sisa tahun 2020 juga sudah dibayarkan sekitar Rp 800 juta. Berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik.

"Dana ini sebagai anggaran Belanja Operasional Kesehatan (BOK) tambahan untuk insentif Nakes," pungkasnya. (ar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda