Asmah, PMI Asal Sanggar 17 Tahun Hilang Kontak Telah Dilaporkan ke Disnakertras - Bima News

Kamis, 01 Juli 2021

Asmah, PMI Asal Sanggar 17 Tahun Hilang Kontak Telah Dilaporkan ke Disnakertras

Irfan
Irfan H.M.Noor
 

BimaNews.id, BIMA-Keberadaan Pekerja Migran Indonesia (PMI) Asmah, asal Desa Sandue, Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima hingga kini belum juga diketahui. Disnakertras Bima akan maksimal melacak keberadaan wanita kelahiran 34 tahun silam tersebut.

"Kami terus berusaha, asalkan berkas keberangkatan Asmah ke Kuwait (bukan Abu Dhabi) dilengkapi untuk memudahkan indentifikasi," jelas Kabid Pengembangan Penempatan dan Perluasan Kerja, Disnakertrans Kabupaten Bima, Irfan H M Noor.

Rabu (30/6) kemarin kata dia, Camat Sanggar mendatangi Kantor Disnakertrans. Melaporkan soal Asmah yang sudah 17 tahun hilang kontak dengan keluarga. Hanya saja berkas yang dibawa belum lengkap.

"Pemerintah Kecamatan hanya membawa KTP, KK dan keterangan domisili Asmah. Kami sudah minta tambahan data lain,’’ sebutnya.

Data tambahan yang diminta seperti, nama perusahaan yang mengirim Asmah ke luar negeri, kemudian surat perjanjian kerja. Termasuk paspor dan alamat terakhir Asmah saat di luar negeri.

 

Berkas itu akan dikirim ke UPT Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Mataram. Sebagai bahan laporan ke BNP TKI.

"Nanti BNP TKI mengirim lagi ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Berkas tersebut jadi dasar mereka untuk mengindentifikasi keberadaan Asmah," terangnya.

Sebelumnya, Asmah dikabarkan hilang kontak dengan keluarga sekitar tahun 2004 silam. Saat itu putri dari pasangan almarhum Arsyad dan almarhumah Kalisom ini bekerja di Kuwait. (jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda