Soal Benteng Asakota Milik Siapa? Dinas Pariwisata Ngaku Tidak Tahu - Bima News

Wednesday, 23 June 2021

Soal Benteng Asakota Milik Siapa? Dinas Pariwisata Ngaku Tidak Tahu

Benteng Asakota
Inilah Benteng Asakota yang kini diklaim sebagai milik pribadi dan telah disertifikat oleh oknum warga di Kota Bima.


BimaNews.id, BIMA- Belakangan ini keberadaan Benteng Asakota yang terletak di Desa Punti, Kecamatan Soromandi jadi polemik. Informasi yang beredar, lahan seluas 1 hektare itu diduga telah disertifikat warga Kota Bima.

Sekretaris Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima, Muslimin mengaku tidak tahu mengenai hal tersebut. Jangankan soal sertifikat, keabsahan hak milik secara hukum pun juga belum diketahui. Kendati icon kebanggaan warga soromandi itu, secara teritorial berada di wilayah Kabupaten Bima.

"Apakah Benteng Asakota milik pribadi, daerah atau negara, saya juga belum tahu hal itu," kata Muslimin, Selasa (22/6).

Namun ia memastikan, jika Benteng Asakota menjadi hak milik harus ada bukti kuat. Baik itu berupa sertifikat, Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) dan sejumlah berkas pendukung lain.

"Kalaupun sudah menjadi hak milik, bisa saja tanah itu diklaim warga Soromandi, lalu dijual ke warga Kota Bima," jelasnya.

Kendati begitu, Muslimin menyarankan untuk konfirmasi ke Kabid yang membidangi kebudayaan di Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pendidikan Olahraga (Dikbudpora).

"Soal aset daerah dan inventaris, bisa langsung konfirmasi ke bagian kebudayaan. Mereka yang lebih paham soal itu," arahnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda