Pengadaan HP untuk 571 Ketua RT di Kota Bima Berpotensi Rugikan Negara - Bima News

Rabu, 02 Juni 2021

Pengadaan HP untuk 571 Ketua RT di Kota Bima Berpotensi Rugikan Negara

Anshari
Anshari Ewan
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Pengadaan Handphone Android untuk Ketua RT se Kota Bima berpeluang merugikan Negara. Bahkan bisa menjadi temuan .

Hal itu ditegaskan Anshari Ewan, Devisi Advokasi  Lembaga Lumbung yang bergerak pada bidang pelayanan publik dan dan sosial budaya.

"Penanggungjawab utama pengadaann HP itu adalah lurah, " ujar Anshari, kepada sejumlah wartawan, Senin (31/5) .

Nanti kata dia, dari dana Kelurahan akan dialokasikan untuk pengadaan HP Rp 2 juta per unit untuk 571 ketua RT se Kota Bima. Setelah ditelusuri HP yang akan dibeli Pemkot Bima adalah  jenis Oppo A15 dengan harga Rp 1,8 juta.

Sehingga kata Anshari, pengadaan HP oleh Pemerintah Kota Bima melalui pemerintah kelurahan ini sangat beresiko merugikan negara. Apalagi nanti saat diaudit BPK, Kepala Kelurahan sebagai Kuasa Pemegang Anggaran (KPA) akan menjadi orang pertama yang diseret.

Munculnya potensi kerugian kata dia, bisa dilihat dari produk HP yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan. Kemudian, petunjuk pelaksana dan teknis yang tidak jelas dalam penggunaan dan pengawasan aset daerah tersebut selama di tangan ketua RT.

"Belum lagi soal teknis pengadaan. Jika anggarannya di atas dua ratus juta, prosedurnya harus tender. Proses tender harus jelas dan itu semua berada di bawah kendali lurah sebagai KPA, " tegasnya.

Anshari juga mengingatkan, ketika pengadaan HP Android untuk Ketua RT terealisasi, lurah harus rutin mengontrol kondisi HP tersebut. Jika terjadi kerusakan atau hilang, maka harus diperbaiki .

"Nah, yang paling penting adalah ketika ada pergantian Ketua RT. Lurah harus memastikan aset daerah itu aman, untuk dilimpahkan pada ketua RT yang baru. Tentunya, dengan Administrasi serah terima aset yang jelas juga, " pungkasnya. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda