Kepala Diskominfotik Kabupaten Bima Berbagi Tips, Hindari Dampak Negatif Game Online Pada Anak - Bima News

Jumat, 11 Juni 2021

Kepala Diskominfotik Kabupaten Bima Berbagi Tips, Hindari Dampak Negatif Game Online Pada Anak

Fahrurahman
Fahrurahman SE. MSi
 

BimaNews.id, BIMA-Kepala Diskominfotik Kabupaten Bima, Fahrurahman SE MSi berbagi trik untuk menghindari anak dari dampak negatif game online. Peran orang tua, menjadi faktor utama penentu keberhasilannya.

Untuk menghadapi kemajuan teknologi, tidak bisa dihindari dari semua generasi, terutama anak. Agar tidak disalahgunakan anak-anak, terutama aplikasi game online, Diskominfotik mencoba berbagi tips dan trik.

 "Secara pribadi saya tidak bisa menolak kemajuan ini," ungkapnya pada media ini, Kamis (10/6).

 Aplikasi tersebut kata Kadis ini, salah satu kemajuan teknologi. Namun lebih banyak dampak negatif. Sebab para penggiat lebih cenderung menghabiskan waktu, sehingga aktivitas positif berkurang.

"Lalai untuk belajar, salat dan lain-lain," terangnya.

Walau pun lebih banyak dampak negatif, ia juga tak menampik adanya dampak positif. Seperti bisa menghasilkan uang dan dapat memacu daya kritis.

"Penggiat game online juga bisa kaya," jelasnya.

Oleh karena itu, tergantung dari pengawasan orang tua dan guru. Agar anak-anak dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik.

Sebagai solusi agar lebih gampang mengawasi anak-anak, Faturrahman menyarankan orang tua juga mendownload aplikasi Google Family Link.

Dalam aplikasi tersebut, orang tua dapat mengatur aplikasi yang diunduh anak-anaknya. Orang tua, bisa menyeleksi aplikasi apa saja yang bermanfaat, membatasi waktu anak bermain handphone dan lainnya.

 

"Saya mengawasi anak-anak dengan aplikasi ini. Walau pun dari jarak jauh, ketika anak saya salah pergunakan handphone bisa langsung diblokir," pungkas Fahrurahman. (ar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda