Wartawan Senior Dikukuhkan Sebagai Ketua Masjid Agung Dompu - Bima News

Saturday, 1 May 2021

Wartawan Senior Dikukuhkan Sebagai Ketua Masjid Agung Dompu

Pengukuhan
Bupati Dompu, Kader Jaelani menandatangani berita acara pengukuhan pengurus BKM Agung Baiturrahman Dompu, Kamis (29/4)

BimaNews.id, DOMPU-Wartawan senior, H Mokh Nasuhi MSi dikukuhkan sebagai Ketua Badan Kemakmuran Masjid (BKM) Agung Baiturrahman Dompu periode tahun 2021–2025. Bapak dua anak yang juga anggota dewan kehormatan PWI NTB ini menggantikan ketua BKM sebelumnya, Drs H A Rasul Ismail.

Pengurus BKM Baiturrahman Dompu dikukuhkan Bupati Dompu Kader Jaelani, Kamis (29/4). Selain H Mokh Nasuhi, bupati juga mengukuhkan Wakil Ketua, A Rasul Gani SPd, Sekretaris, Abdul Farid SE dan Bendahara Ismanur SP serta para pengurus lain.

Pengukuhan yang berlangsung di ruang rapat Bupati Dompu tersebut digelar dengan menerapkan protokol Covid-19. Tamu undangan dibatasi.

Bupati Dompu menyampaikan selamat kepada para pengurus yang baru. Semoga mampu mengemban amanah yang dipercayakan sehingga terselenggara berbagai kegiatan keagamaan di Masjid Agung.

"Saya harap, pengurus yang baru mampu mewujudkan ukhuwah islamiyah diantara penggiat masjid," harap Kader Jaelani.

Pengurus masjid kata dia, harus mampu menjalin komunikasi antar pengurus. Memajukan kegiatan keagamaan, sehingga fungsi Masjid bisa dioptimalkan.

Bukan hanya menyelenggarakan pendidikan dakwah, kajian keislaman dan sosial kemasyarakatan. Tapi, juga membangun usaha ekonomi, pembinaan mualaf hingga generasi yang berakhlak.

"Untuk mewujudkan Dompu yang Mashur, saya mengajak seluruh elemen masyarakat, alim ulama ikut andil bagi kemajuan dan perubahan daerah demi terwujudnya Dompu yang baldatun toyibatun warabungaffur," harapnya.

Pemerintah daerah lanjut bapak tiga anak ini, berkomitmen mewujudkan Dompu yang mandiri, sejahtera, unggul, dan religius. Dengan  memanfaatkan segala potensi, baik sumber daya manusia maupun sumberdaya alam, tanpa mengabaikan pelestarian lingkungan. Sehingga,  Dompu dengan berdaya saing nasional bisa diwujudkan.

"Kita ingin kesejahteraan yang diraih diridhoi Rahmat dan kasih sayang Allah SWT," pungkasnya.

H Mokh Nasuhi menyampaikan terimakasih atas kepercayaan Pemda Dompu menunjuk dirinya sebagai ketua pengurus Masjid Agung Dompu. Ia mengaku, siap mengemban amanah tersebut dengan sungguh-sungguh.

Dipilih sebagai ketua pengurus Masjid Agung Baiturrahman Dompu menurut dia, bukan amanah yang ringan. Karena, bersentuhan dengan kepentingan umat Islam yang harus diemban dengan penuh tanggung jawab dunia dan akhirat.

Apalagi kata dia, masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah. Tapi, juga merupakan tempat untuk berbagai aktivitas keagamaan dan sosial kemasyarakatan yang harus tetap dijaga kesuciannya.

"Kami yang dipercaya sebagai pengurus bukanlah insan terbaik, tetap membutuhkan dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Dompu. Sehingga, Masjid Agung Dompu menjadi tempat ibadah yang dirindukan oleh umat. 

Doa dan dukungannya, sangat kami harapkan. Semoga Allah merahmati, melindungi kita semua dan dijauhkan dari segala marabahaya. Termasuk terhindar dari Covid-19," tuturnya.

H Mokh Nasuhi merupakan wartawan senior di NTB. Karirnya di dunia jurnalistik sudah dilakoni sejak tahun 1990. Media cetak Bali Post jadi pijakan pertama pria kelahiran 1965 ini.

Tahun 1998, suami dari Dra Hj Aminah ini memilih hengkang ke media Tabloid Kupas. Cuman, tidak bertahan lama. Begitu juga di Tabloid Kilas, setelahnya.

H Nasuhi juga pernah menjadi Pimpinan Redaksi Dompu News, Redaktur Senior Lakeynews.Com hingga Pimpinan Redaksi Tofonews.net sampai sekarang.

"Saya belum bisa dikatakan mantan wartawan, karena saya masih aktif menulis sampai sekarang," ujar H Nasuhi.

Selain di dunia jurnalistik, lulusan S2 jurusan pemerintahan STIAMI Jakarta 2010 ini juga dikenal sebagai birokrat sejati. Semenjak diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) sejak 1992, H Nasuhi memulai karier sebagai guru di MAN Dompu hingga 2010.

Karena keuletan dan kedisiplinannya, dia sempat dipercaya sebagai Kepala Kantor Kemenag Dompu hingga 2012. Namun, saat itu ia memilih mengundurkan diri dan kembali mengabdi di MAN Dompu yang diperbantukan di MA Al-Syaftakhir. Jabatan barunya itu hanya bertahan satu tahun.

"Mulai 2013 sampai sekarang saya dipercaya sebagai pengawas Madrasah Kemenag Dompu," ujar alumni MAN Bima Fil. Dompu tahun 1985 ini.

30 tahun aktif di dunia jurnalistik dan birokrasi, H Nasuhi juga dikenal sebagai organisatoris. Selain sebagai anggota Dewan Kehormatan PWI NTB, juga pernah menjadi unsur Ketua MUI Dompu. Kemudian, Wakil Ketua PCNU Dompu, Wakil Ketua Pokjawas, APSI Kab. Dompu dan sekarang menjadi Ketua BKM Masjid Agung Baiturrahman Dompu.

Sementara prestasi yang pernah diraih diantaranya, mengikuti diklat PIM IV Kemenag RI Tahun 2012, diklat Asesor BAP NTB tahun 2015 dan diklat Penguatan Pengawas tahun 2018. Selain itu, pria asal Kelurahan Kandai Dua Kecamatan Woja ini juga pernah mengikuti orientasi pendidikan di Malaysia dan Singapura tahun 2010, petugas haji di Arab Saudi tahun 2012 serta haji reguler tahun 2016. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda