Urus Dokumen Kependudukan Sebaiknya Langsung, Hindari Melalui Calo - Bima News

Thursday, 6 May 2021

Urus Dokumen Kependudukan Sebaiknya Langsung, Hindari Melalui Calo

Salahuddin
Salahuddin
 

BimaNews.id, BIMA-Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Kadisdukcapil) Kabupaten Bima, Salahuddin SH mengimbau warga tidak menggunakan jasa calo untuk mengurus dokumen kependudukan. Lebih baik urus sendiri, karena setiap pelayanan gratis.  Tidak dipungut biaya sepersen pun.

"Pelayanan kita berikan mudah dan cepat, asal semua berkas dan persyaratan yang diperlukan telah dilengkapi,’’ katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (5/5).

Bagi warga yang ingin mengurus dokumen kependudukan saran Salahuddin,  jangan mendadak. Tapi dipersiapkan jauh-jauh hari, sehingga ketika dibutuhkan sudah ada.

‘’Kebiasaan kita selama ini, baru mau mengurus dokumen kependudukan ketika ada perlu, atau mendapat bantuan. Sehingga semua serba mendadak,’’ sebutnya.

Padahal, mengurus dokumen kependudukan tidak rumit. Bagi warga tidak berkesempatan datang ke kantor Dukcapil, bisa ke tim PPKD (Petugas Pendata Kependudukan Desa) yang ada di setiap desa.

"Kalau tim PPKA yang urus, ada pelayanan khusus kami sediakan. Asal membawa surat tugas resmi dari desa,"  terangnya.

Pelayanan di Disdukcapil  saat ini aku Salahuddin sudah semakin baik. Pihaknya juga terapkan jemput bola.  Turun memberikan pelayanan pada warga di tiap desa.

Hal ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, agar melengkapi dokumen kependudukan mereka. Seperti KTP, KK, akta kelahiran dan lain-lain.

Terhadap pegawai di lingkup Dikdukcapil kantor Dukcapil juga ditegaskan, agar tidak menjadi calo. Jika ditemukan dan terbukti, akan dikenakan sanksi berat, bahkan bisa dipecat.

"Ini penekanan Dirjen dan Bupati Bima soal pelayanan dokumen kependudukan," terangnya. (ar)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda