Tingkat Partisipasi Vaksinasi Covid-19 di Soromandi Kabupaten Bima Rendah - Bima News

Tuesday, 4 May 2021

Tingkat Partisipasi Vaksinasi Covid-19 di Soromandi Kabupaten Bima Rendah

Nasarudin
Nasarudin SKep. Ners
 

BimaNews.id, BIMA-Partisipasi tenaga pendidik mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kecamatan Soromandi, Kabupaten Bima rendah. Dari puluhan lembaga pendidikan yang ada, saat ini tercatat 35 guru yang sudah divaksin.

"Mereka yang sudah divaksin yakni, dari SDN Inpres Saba, SD Inpres Sampungu, SMAN 3 Soromandi dan beberapa orang guru SMP di Dusun Wonto," jelas Kepala Sub Bagian (Kasubag) Umum Puskesmas Soromandi, Nasarudin SKep, Ners, Senin (3/5).

Padahal katanya, Tenaga Kesehatan (Nakes) sudah lebih awal melayangkan surat pemberitahuan vaksinasi sejak 29 Maret lalu.  Melalui Kepala KUPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), Fahris MPd. Begitu juga pada instansi-instansi pelayanan publik lain.

"Kami menduga KUPT tidak serius membina guru-guru di satuan pendidikan. Sehingga, kurang kesadaran guru ikut vaksinasi. Termasuk, dia (KUPT, red) sendiri hingga sekarang belum divaksin," katanya.

Vaksinator Agus Harianto SKep. Ners mengaku selain tenaga pendidik,  kesadaran pegawai di kantor pelayanan publik di Soromandi juga rendah. Seperti di KUPT Pertanian, KUPT Peternakan dan sejumlah instansi lain. Termasuk dua pejabat tinggi di Soromandi, yakni Camat dan Sekcam belum divaksin.

"Harusnya mereka sebagai kepala wilayah memberikan contoh yang baik pada bawahan. Agar masyarakat juga mau divaksinasi. Mana mungkin masyarakat mau divaksin, kalau pemimpinnya seperti itu," tegasnya.

Terkait minimnya partisipasi pelayanan publik di Soromandi, sudah disampaikan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Dinas Kesehatan meminta petugas vaksin berkunjung langsung ke Instansi dan satuan pendidikan, untuk vaksinasi. Namun hingga kini kata dia, belum bisa dilakukan, mengingat masih fokus vaksinasi pada warga Lanjut Usia (Lansia).

"Mungkin setelah ini baru kita turun langsung ke sekolah dan kantor-kantor," tandasnya. (cr-jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda