Buka Klinik Industry, Diskoperindag Siap Bantu Warga Jadi Pengusaha - Bima News

Thursday, 20 May 2021

Buka Klinik Industry, Diskoperindag Siap Bantu Warga Jadi Pengusaha

Abdul Haris
Abdul Haris
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bima memberikan ruang bagi warga yang mau membangun usaha. Warga bisa berkunjung ke Rumah Tenun untuk belajar atau ingin mendapatkan pembinaan dan bimbingan. Itu diberikan secara gratis.

"Kita hanya butuh warga yang mau belajar serius dan rutin. Silahkan datang ke kami atau bisa membuka laman Facebook dengan nama akun Bidang Indag atau Dinas Koperindag," ujar Kepala Diskoperindag Kota Bima, Abdul Haris, Kamis (20/5).

Rumah Tenun sebut Haris, bukan hanya menjadi tempat memajang hasil produksi tenun.  Tapi juga banyak kegiatan lain yang mendukungnya.

"Di rumah tenun, ada berbagai peralatan yang bisa digunakan masyarakat untuk belajar berkreasi. Ada mesin jahit, peralatan kerajinan tangan dan lain-lain, " sebutnya.

Selama ini aku Haris, minat masyarakat untuk datang belajar ke rumah tenun masih sangat rendah. Padahal, pelatihan, pembinaan diberikan secara gratis.

Apalagi akunya, di rumah tenun, sudah ada pegawai Diskoperindag  yang akan memberikan penjelasan tentang dasar kerajinan  tangan. Kemudian mengolah sampah menjadi barang yang bernilai.

‘’Warga juga bisa belajar membuat rajutan, tas, dompet, hingga membuat tenunan yang kreatif,’’ bebernya.

Termasuk, warga bisa konsultasi tentang pemasaran, strategi promosi atau sejenisnya, untuk mendongkrak omset penjualan produk usaha yang digeluti.

"Rumah tenun ini seperti klinik industry. Semua bisa diakses dengan gratis. Hanya butuh kemauan, "  terang Haris.

Keberadaan rumah tenun ini kata Haris, sebenarnya memiliki prospek yang bagus sebagai instrumen pengembang usaha kecil menengah.

"Kita sudah buat promosi soal fungsi rumah tenun ini, tapi ya itu, minat sedikit sekali. Sempat ada mahasiswa yang datang dan ikut belajar, tapi sebentar saja karena terbentur dengan jadwal kuliah mereka, " sebutnya.

Tahun 2021 ini, Diskoperindag akan lebih mengencangkan promosi fungsi rumah tenun. Supaya manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kalau kami sendiri tidak bisa. Tentu kami butuh pelaku usaha untuk ikut  menyampaikan kepada elemen lain tentang fungsi rumah tenun ini, " harap Haris. (tin*)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda