Pertama Ikut Lomba, Talitha Langsung Juara 1 Pidato Bahasa Inggris Tingkat Provinsi - Bima News

Minggu, 11 April 2021

Pertama Ikut Lomba, Talitha Langsung Juara 1 Pidato Bahasa Inggris Tingkat Provinsi

Talitha
Talitha Safa Rofila, juara 1 Pidato Bahasa Inggris tingkat SMA SE NTB foto bersama dengan guru pembina dan Kepala SMAN 1 Sape.
  

BimaNews.id,BIMA-Hebat, baru pertama kali ikut lomba langsung juara. Prestasi itu diraih Talitha Safa Rofilah, siswi SMAN 1 Sape pada lomba Pidato Bahasa Inggris tingkat SMA, SMK dan MA Provinsi NTB.

Lomba secara Daring memperingati HUT MAN 3 Mataram itu, Talitha berhasil menempati posisi pertama. Siswi kelas 2 IPA 1 mampu mengungguli Amelia Amarullah P, wakil SMAN 1 Sumbawa Barat dan Aurelia Wongso P, utusan SMAN 2 Mataram.

"Alhamdulilah, ini lomba pidato Bahasa Inggris pertama saya ikuti,” aku Talitha.

Meski baru pertama kali, remaja kelahiran Banyuwangi 18 Juli 2003 ini tidak menyangka bisa meraih juara 1. Apalagi pesaingnya lebih dari 100 siswa dari berbagai sekolah terbaik di NTB.

"Awalnya, saya sempat pesimis. Karena saat tampil ada beberapa intonasi yang tidak tepat. Tapi, ibu bilang saya harus percaya diri," katanya.

Putri sulung dari 4 bersaudara buah pernikahan Eko Siswantoro dan Nining Islamiyah asal Desa Naru Kecamatan Sape masih belum percaya dengan prestasi yang diraihnya. Ia bahkan sempat ragu melihat namanya paling atas di kolom pengumuman juara, Kamis sore (8/4).

"Pengumuman juara kan harusnya Jumat (9/4), lewat Instagram dan Email. Sehingga, saya tidak yakin. Setelah saya tanya-tanya sama pak guru, ternyata benar," sebut Talitha.

Di sekolah, Talitha dikenal sebagai siswi yang pintar Bahasa Inggris. Hampir semua kosa kata Bahasa Inggris ia kuasai. Hanya saja, bakatnya itu disalurkan melalui lomba.

"Keinginan saya untuk ikut lomba Bahasa Inggris sudah lama. Cuma karena Pandemi, lomba baru digelar," ujarnya.

Belajar Bahasa Inggris, sudah ditekuni sejak kecil. Selain di sekolah dia juga mengaku, mahir berbahasa Inggris karena banyak belajar dari ayahnya.

"Kadang di rumah kita komunikasinya pakai Bahasa Inggris. Saya dan adik-adik dilatih sama ayah," tuturnya.

Selain pintar Bahasa Inggris, Talitha jago Matematika. Waktu SMP, ia pernah juara 1 olimpiade Matematika tingkat kabupaten. Bahkan telah dua kali mengikuti olimpiade di tingkat Provinsi NTB.

"Kalau ke tingkat nasional belum pernah," katanya.

Guru Pembina Bahasa Inggris SMAN 1 Sape, Sirajudin SPd mengaku, sangat bangga prestasi yang diraih Talitha. Ia juga tidak menyangka siswi binaannya itu bisa meraih juara 1.

"Ini prestasi yang luar biasa. Selain mengharumkan nama SMAN 1 Sape, Talitha juga membanggakan Kabupaten Bima di NTB," ujarnya.

Pada lomba pidato Bahasa Inggris via Daring tersebut, diikuti 22 SMA, SMK dan MA. Tiap sekolah mengutus rata-rata tiga siswa.

Khusus SMAN 1 Sape kata dia, mengutus 4 siswa. Yakni, Talitha Safa Rofilah, Wiwin Handayani, Alia Sabira dan Istiqomah. Namun, hanya Talitha yang berhasil juara.

"Pada lomba tersebut, Talitha diberi tema "Kontribusi Generasi Milenial di Era Pandemi"," ujarnya.

Sebelum mengikuti lomba, dilakukan seleksi internal sekolah. Dari 22 siswa yang gabung di English Club SMAN 1 Sape, terpilih 4 siswa dengan poin tertinggi.

"Talitha termasuk siswi pertama yang kita tunjuk," katanya.

English Club ini kata dia, dibentuk  tahun 2019. Kelas ini dikhususkan bagi siswa yang mahir Bahasa Inggris. Mereka kemudian dibina tiga seminggu.

"Kelas ini sebagai persiapan sekolah ketika mengahadapi lomba. Sehingga ketika ada event, siswa sudah siap secara mental maupun materi," pungkasnya.

Rasa bangga juga disampaikan Kepala SMAN 1 Sape, Jhon Hermansyah Mpd. Dia berharap, prestasi yang diraih bisa dipertahankan.

"Jadikan prestasi ini sebagai motivasi untuk terus berkarya. Untuk siswa yang belum beruntung, jangan berkecil hati, tetap semangat belajar. Sebab, kekalahan adalah awal dari keberhasilan,"  nasehatnya. (jw)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda