Seleksi Cakep, 150 Guru SD dan SMP se-Kabupaten Bima Ambil Bagian - Bima News

Selasa, 30 Maret 2021

Seleksi Cakep, 150 Guru SD dan SMP se-Kabupaten Bima Ambil Bagian

Seleksi Cakep
Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri membuka kegiatan seleksi calon kepala sekolah (Cakep) yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Olahraga Kabupaten Bima bekerjasama  dengan LPMP NTB dan LPPKS Solo, berlangsung di aula rapat utama Kantor Bupati Bima
 

BimaNews.id,BIMA-Sebanyak 150 guru SD dan SMP se Kabupaten Bima mengikuti seleksi Calon Kepala Sekolah (Cakep). Seleksi tahun ini akan berlangsung tiga tahap yakni, seleksi administrasi, tertulis dan wawancara.

Kabag Prokopim Setda Kabupaten Bima, M Chandra Kusuma AP mengatakan, seleksi Cakep kali ini Pemkab Bima bekerjasama dengan LPMP NTB dan LPPKS Solo. Kegiatanya dibuka Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri,  berlangsung di aula rapat utama Kantor Bupati Bima, Senin (29/3).

Bupati Bima kata Chandra menjelaskan, seleksi Cakep ini untuk memenuhi stok kepala sekolah di Kabupaten Bima. Dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga sebagai leading sektor.

Untuk menjadi kepala sekolah atau pemimpin pada lembaga pendidikan katanya,  tentu saja harus memiliki ilmu dan kemampuan manajerial. Mengarahkan sistem pendidikan dan memastikan peserta didik menerima sistem, sesuai regulasi yang ada.

‘’Pada peserta, seleksi ini sebagai ajang pembelajaran untuk menimba pengalaman berharga dari tim seleksi,’’ harapnya.

Jika suatu saat nanti, peserta diberikan amanah menjadi kepala sekolah. Diharapkan mampu menjalin hubungan yang baik dengan atasan maupun bawahan. Karena hal itu sangat penting.

‘’Tunjukkan, bapak dan Ibu layak menjadi kepala sekolah. Dipilih karena memiliki kemampuan, bukan karena factor kedekatan,’’ tandasnya.

Peserta Cakep diminta, tidak berhenti belajar dan mendengar dari  orang lain. ‘’Bapak dan ibu adalah penentu dunia pendidikan di Kabupaten Bima ini. Tetaplah menjadi ASN yang disiplin untuk kemajuan dunia pendidikan,’’ ajaknya.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga (Dikbudpora) Kabupaten Bima, Zunaidin S Sos. MM mengatakan, guru yang mengikuti seleksi Cakep merupakan utusan yang  dipilih sekolah masing-masing. 

‘’Saya berharap peserta yang ikut seleksi Cakep lulus semua,’’ harapnya.

Sementara Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP)  NTB H. Selamet Riyadi MPd, mengatakan kepala sekolah merupakan penentu bagi kemajuan sekolah. Jangan menjadi kepala sekolah sebagai simbol.

‘’Jadilah kepala sekolah yang membuka kunci kesuksesan bagi semua orang,’’ arah Slamet pada peserta seleksi Cakep se Kabupaten Bima.

Mewakili kepala LPMP NTB, dia berharap  semua peserta Cakep lolos. Menjadi kepala sekolah yang hebat yang mampu meningkatkan dan memajukan pendidikan di Kabupaten Bima.

‘’Kami datang dari Mataram dan Solo, mencari  calon Kasek yang memiliki potensi menjadi pemimpin di lembaga pendidikan. Harapan kami, peserta memberikan hasil yang baik dan dinyatakan layak menjadi kepala sekolah,’’ harap Slamet.

Tim seleksi dari LPPKSPS Solo sebanyak tiga orang dan LPMP NTB  tujuh  orang. Totalnya sepuluh orang. Sedangkan peserta yang mengikuti seleksi Cakep berjumlah 150 orang.  121 orang dari SD dan 29 dari SMP. (gun)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda