13 Tahun Hilang Kontak dengan Keluarga, TKW Asal Bima Ditemukan di Jordania - Bima News

Kamis, 18 Maret 2021

13 Tahun Hilang Kontak dengan Keluarga, TKW Asal Bima Ditemukan di Jordania

Sakinah
Sakinah, TKW asal Bima yang hilang kontak dengan keluarga sekitar 13 tahun
 

BimaNews.id,BIMA-Sudah dianggap meninggal karena sekitar 13 tahun hilang kontak, TKW asal Kabupaten Bima ini akhirnya ditemukan. Namanya, Sakinah, asal Poja, Kecamatan Sape, Kabupaten Bima. Saat ini bersangkutan berada di Jordania.

Wanita kelahiran 1986 ini, sebelumnya bekerja sebagai TKW di negara Timur Tengah, Jordania sejak 2008 lalu. Bersangkutan dikira telah meninggal oleh keluarganya, karena belasan tahun tak ada kabar berita.   

Kasi Penempatan TKI Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bima Arif Rahman mengatakan, Sakinah ditemukan berdasarkan laporan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Jordania beberapa waktu lalu.

KBRI Jordania kemudian mengabarkan ke Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Mataram. Bahwa di negara setempat, ada warga NTB yang hilang kontak dengan keluarga.

"Tanggal 5 Maret lalu, kami mendapat laporan itu dari BP2MI," akunya, Kamis (18/3).

Setelah mengecek data berdasarkan paspor keberangkatan TKW tersebut kata Arif, Disnakertrans langsung bergerak. Dengan menghubungi Kepala Desa Poja melalui telepon seluler, untuk memastikan apakah Sakinah adalah warga setempat.

"Ternyata benar, dia warga Desa Poja. Bahkan dari pengakuan Kades, Sakinah sudah dianggap meninggal oleh orang tuanya karena sudah lama tidak ada kabar," ungkapnya.

Pasca mendapat kabar itu, Kades Poja lantas memberitahu orang tua Sakinah, kalau putrinya Sakinah, masih hidup di Negara Jordan.

"Setelah mendengar kabar itu, orang tua dan keluarganya langsung menangis. Bahagia, anaknya ditemukan," kisah Arif.

Saat ini, Sakinah sedang diproses untuk dipulangkan. Kapan Sakinah akan tiba di tanah air, Arif belum bisa memastikannya. (cr-jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda