Mengenal Bupati Dompu terpilih, Kader Jaelani - Bima News

Minggu, 28 Februari 2021

Mengenal Bupati Dompu terpilih, Kader Jaelani

Bupati dan Wakil Bupati Dompu
Bupati dan Wakil Bupati Dompu terpilih, Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan ST MT.
 

Bupati Dompu Termuda, Hobi Pacuan Kuda Hingga Dibilang Mirip Artis Holywood

 

Pasangan Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan, ST, MT (AKJ Syah) resmi menjadi Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Jumat (26/2). Dari perjalanan sejarah Kabupaten Dompu, Kader Jaelani merupakan Bupati ke sebelas. Dia juga sebagai bupati termuda yang dipilih langsung oleh masyarakat Dompu.

Jumat (26/2) menjadi hari bersejarah bagi Kader Jaelani dan H Syahrul Parsan ST MT (AKJ-SYAH). Pasangan Bupati dan Wakil Bupati dengan Jargon Jara Pasaka ini resmi jadi orang nomor satu dan dua di Bumi Nggahi Rawi Pahu.

AKJ-SYAH dilantik secara langsung oleh Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah  bersama 5 kepala daerah lain di NTB. Karena di tengah pandemi,  pelantikan yang berlangsung di kantor gubernur hanya bisa didampingi istri.

Meski demikian, tidak mengurangi euforia masyarakat Dompu menyambut bupati baru. Antusias masyarakat Dompu dan tim pemenangan cukup tinggi menyambut AKJ-SYAH.

Kader Jaelani memiliki catatan menarik sebelum terpilih menjadi Bupati Dompu. Menjelang kontestasi Pilkada Dompu, awalnya Kader Jaelani diisukan berpasangan dengan H Yuhasmin, Umi Nur putri, mantan Bupati Dompu, H Abubakar hingga terakhir memilih H Syahrul Parsan sebagai wakil. Bahkan keinginan Kader Jaelani untuk maju di Pilkada luput dari pemberitaan media.

Tak butuh waktu lama, AKJ-SYAH langsung mampu menggemparkan masyarakat Dompu. Popularitas  mereka meningkat drastis setelah memboyong dua partai penguasa pada Pemilu Legislatif 2018. Yakni, Partai Nasdem dan Gerindra yang masing-masing meraih empat kursi. Secara otomatis, syarat Paslon  AKJ-SYAH untuk tampil di Pilkada terpenuhi.

AKJ-SYAH berbeda dengan Paslon lain. Selain belum "berpengalaman" di dunia perpolitikan, juga banyak yang beranggapan sebagai Paslon tambahan. Sebab, dua kandidat lain merupakan figur senior. Seperti mantan Paslon Bupati Dompu H Syaifurrahman dan politisi PAN, Ika Rizky Veryani. Kemudian, Paslon Hj Eri Ariani, istri Bupati Dompu dan H Ikhtiar, mantan Kadis Dikpora dengan popularitasnya diakui banyak kalangan.

"Banyak orang beranggapan kalau AKJ-SYAH tidak diperhitungkan di Pilkada Dompu. Tapi itu tidak membuat saya pesimis. Karena saya meyakini ada Allah SWT pemberi keputusan terbaik," ujar Kader Jaelani beberapa waktu lalu.

Dari sejarah pemerintahan Dompu, AKJ-SYAH adalah bupati dan wakil Bupati Dompu ke sebelas. Kader Jaelani juga menjadi bupati termuda dengan usia 44 tahun yang dipilih langsung masyarakat Dompu. Dia menggungguli H Bambang M Yasin yang dilantik pada usia 46 tahun pada 2010 lalu.

Dari sisi lain, Kader Jaelani adalah figur "polos" dalam berpolitik. Selama ini orang-orang hanya mengenalnya sebagai pengusaha dan pencinta kuda pacuan.

Sopan dan murah senyum itulah kesan pertama ketika bertemu dengan Kader Jaelani. Pria kelahiran tahun 1976 ini juga dikenal sebagai sosok yang tegas. Suka membantu sesama dan Wellcome terhadap semua orang. Tidak mengenal suku, ras atau siapapun orang tersebut.

Kader Jaelani merupakan anak sulung dari enam bersaudara. Bapaknya,  M Najib Hasan Barakwan yang beberapa waktu lalu tutup usia. Sedangkan ibunya, Nuraini Binti Muhsen Alhabsy.

Alumni 1995 SMA Kosgoro Dompu ini menikah diusia 32 tahun dengan meminang wanita pujaan hatinya, Lilis Suryani. Yang merupakan putri Muhdin Boftem, salah satu pengusaha di Tente Kabupaten Bima.

19 tahun menjalani bahtera rumah tangga, Kader Jaelani dan Lilis Suryani kini dikarunia tiga orang anak. Semuanya putri. Yakni, Syarifah Silfa Azizah Barakwan, Syarifah Nabila Barakwan dan Syarifah Aisyah Barakwan

Sejak kecil, Kader Jaelani dikenal sebagai anak yang tegas dan dekat dengan keluarga. Hampir setiap kalai acara hajatan tidak pernah ketinggalan.

"Kader Jaelani adalah suadara sekaligus teman saya sewaktu kecil. Saya mengenal beliau orangnya tegas, lugas dan Sense of Crysis yang tinggi," kata Hujaifah, saudara sepupu Kader Jaelani.

Amar makruf nahi mungkar adalah slogannya. Suka membantu sesama dan tidak takut meluruskan teman saudara saudara yang berbuat salah.

 "Kalau ada yang berbuat salah, dia orang pertama yang menasehatinya," ujar Hujaifah.

Selain tegas dan baik, Kader Jaelani dikenal memiliki wajah yang tampan. Tampilan brewok jadi ciri khasnya. Bahkan ketampanannya itu banyak menyamakannya dengan aktris Hollywood, Jason Statham. Tidak sedikit netizen yang megunggah foto keduanya saat kampanye Pilkada beberapa waktu lalu.

Setelah ditetapkan sebagai Bupati Dompu, merubah wajah jadi misi besar Kader Jaelani. Bersama H Syahrul Parsan  siap bersinergi dalam membangun Dompu agar lebih maju, hebat dan sukses. (Juwair Saddam)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda