Alfa Mart Dapat Izin Masuk Kota Bima, Ini Tanggapan Warga - Bima News

Selasa, 05 Januari 2021

Alfa Mart Dapat Izin Masuk Kota Bima, Ini Tanggapan Warga

Yeyen Suciyati
Yeyen Suciyati (kiri)
 

BimaNews.id,KOTA BIMA-Masuknya retail raksasa Alfa Mart ke Kota Bima, memunculkan ragam tanggapan dari warga. Ada yang merespon positif karena melihat ada peluang lowongan kerja. Ada juga negative, karena dianggap dapat mematikan usaha kecil. 

Seperti disampaikan Yeyen Suciyati. Dia menilai, masuknya Alfa Mart sebagai angin segar disaat sulitnya lapangan kerja di Kota Bima. Meskipun lanjut Yeyen, disisi lain pemberian izin Alfa Mart ini tidak sesuai dengan janji politik wali kota sendiri saat mencalonkan diri dulu.

"Ini adalah peluang untuk lowongan kerja," ujar Bendahara KNPI Kota Bima ini.

Menurut Yeyen, masa pandemi saat ini banyak warga yang dapat pemutusan hubungan kerja dan gajinya dipotong. Di sisi lain kata dia, jumlah lulusan perguruan tinggi di Kota Bima cukup banyak. Tentu sangat berharap ada lowongan kerja baru yang dibuka.

"Kami melihat, satu retail saja yang dibangun itu bisa merekrut berapa orang tenaga kerja. Nah, itu bisa mengurangi jumlah pengangguran, " katanya. 

Tidak demikian dengan Hadijah, pemilik kios kecil. Menurutnya, keberadaan Alfa Mart justeru mematikan usaha kios seperti mereka.

"Bisa dilihat di tempat lain. Alfa masuk, pasti banyak kios-kios tutup. Kalau hanya satu atau dua, ya mungkin tidak apa-apa. Tapi ini banyak sekali, " keluhnya.

Gunawan warga Melayu  bahkan mempertanyakan pemberian izin masuknya Alfa Mart ini. Menurut dia, pemberian izin tersebut tidak sesuai dengan janji wali kota saat mencalonkan diri.

"Seingat saya, dulu janjinya tidak akan memberi izin pada Alfa Mart  masuk di Kota Bima. Sekarang kok beda, " herannya. (tin)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda