Nyaris Tak Ikut, Karena Kendala Biaya - Bima News

Senin, 16 November 2020

Nyaris Tak Ikut, Karena Kendala Biaya

Ayu Sukasari
JUARA: Ayu Sukasari, mahasiswi STKIP Yapis Dompu keluar sebagai pemenang Duta Pariwisata NTB 2020. Foto: IST

 

MATARAM-Mahasiswi STKIP Yapis Dompu, Ayu Sukasari keluar sebagai pemenang Duta Remaja Pariwisata NTB 2020. Mahasiswi asal Dusun Finis, Desa Hu’u, Kecamatan Hu’u ini berhasil mengungguli sejumlah finalis dari berbagai kota/kabupaten di NTB.

Prestasi yang diraih satu dari empat wakil Kabupaten Dompu ini tidak disangka. Sebab, mahasiswi Prodi Bahasa Inggris ini sebelumnya terancam tidak ikut, karena kendala biaya. Bahkan biaya itu diperoleh dari hasil galang dana.

“Bukan sekadar biaya transportasi, tapi, juga untuk kebutuhan selama lomba. Supaya dia bisa ikut, saya galang dana,” kata Jamaah, Dosen Bahasa Inggris, STKIP Yapis pada Radar Tambora.

Ayu kata dia, berasal dari keluarga kurang mampu. Kedua orangtuanya hanya berprofesi sebagai penjual bakso di desa. Kedua orang tuanya masuk sebagai penerima PKH dan beras miskin.

“Dia bisa ikut Duta Remaja Pariwisata NTB, karena sebelum dia pernah menjuarai Duta Dedare tahun 2019,” jelas pria asal Desa Daha, Kecamatan Hu’u ini.

Putri sulung dari dua bersaudara buah pernikahan Yamin M Abas dan Hasnah ini sudah diprediksi bakal menjuarai kontestasi tersebut. Selain cantik dan tinggi, Ayu dikenal sebagai anak yang pintar dan cerdas.

“Saya gak ragu kalau dia ikut duta pariwisata,” tutur dosen yang juga sebagai Pemerhati Wisata ini.

Puncak pemilihan Duta Remaja Pariwisata NTB 2020 berlangsung di Taman Budaya NTB, Sabtu malam (14/11). Diikuti lebih dari puluhan finalis dari berbagai kota di NTB.

Dalam kontestasi itu Kabupaten Dompu mengirim empat peserta. Selain Ayu Sukasari, juga terdapat Ahmad, Jihad dan Putri Wulandari. Namun, hanya Ayu yang berhasil keluar sebagai pemenang.

Ayu dan para pemenang lain akan dikirim ke kontes internasional yaitu,bLittle Miss dan Mister Pacific World NTB 2020, Mister dan Miss Teen Pacific World NTB 2020, C Plan Kids Supermodel NTB 2020, Miss, Little Miss dan Mister Ultracontinental NTB 2020. Kemudian, Mister Tourism Globe NTB 2021, Mister dan Miss Tourism Culture dan Universe NTB 2021, Mister Supra Global NTB 2021, Mister Universe Indonesia NTB 2020, Mister Landscape Indonesia 2020 (Aziz Basangga) Miss Ocean Indonesia NTB 2020 (Azizah) dan Mister Teen International NTB 2021.

Ketua Yapis Dompu, Arman Anwar SE mengapresiasi prestasi yang diraih Ayu Sukasari. Prestasi ini menurut dia, suatu kebanggaan bagi Kampus STKIP Yapis dan Kabupaten Dompu.

“Semoga di kontes berikutnya dia bisa kembali mengharumkan nama STKIP Yapis dan Bumi Nggahi Rawi Pahu,” harapnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda