Baru Tiga Desa di Soromandi Telah Cairkan DD Tahap Pertama, Tajuddin: Ini Bukti Tidak Serius Bangun Desa - Bima News

Thursday, 20 May 2021

Baru Tiga Desa di Soromandi Telah Cairkan DD Tahap Pertama, Tajuddin: Ini Bukti Tidak Serius Bangun Desa

Pembinaan
Kepala DPMDes Kabupaten Bima, Tajuddin SH (tengah) memberikan arahan pada suatu kegiatan
 

BimaNews.id, BIMA-Hingga Mei ini, baru tiga dari tujuh desa di Kecamatan Soromandi yang telah mencairkan Dana Desa (DD) tahap pertama 2021. Padahal,  seharusnya saat ini memasuki pencairan tahap kedua.

"Yang sudah cairkan DD  tahap pertama yakni, Desa Bajo, Kananta dan Lewintana," jelas Kepala Dinas Permusyawaratan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima, Tajuddin SH, Rabu (19/5).

Sedangkan yang belum mengajukan pencairan DD yaitu, Desa Wadukopa, Sai, Sampungu dan Punti. Penyebabnya, mereka belum menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) atau Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes).

"DD belum bisa dicairkan, berarti pemerintah desa belum menyusun APBDes," jelasnya.

Desa yang belum melakukan pencairan diharap secepatnya menyusun APBDes. Sebab, keterlambatan pencairan DD akan menghambat program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Termasuk pencairan Bantuan Langsung Tunai (BLT).

"Sudah sering kita ingatkan, baik melalui sosialisasi langsung maupun via Daring (Dalam Jaringan). Tapi, kembali pada kesadaran Pemdes. Adanya keterlambatan ini, berarti mereka tidak serius membangun desa," tegas Tajuddin. (jul)

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda