Produksi Jagung di Kabupaten Bima Tahun 2021 Ditargetkan 430 Ribu Ton - Bima News

Jumat, 02 April 2021

Produksi Jagung di Kabupaten Bima Tahun 2021 Ditargetkan 430 Ribu Ton

Fauzi SP
Fauzi SP
  

BimaNews.id,BIMA-Jika tahun 2020 sebelumnya hasil produksi jagung di Kabupaten Bima sebanyak 403 ribu ton dengan luas lahan 61.674 hektare. Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Bima tahun ini memasang target produksi  sebanyak 430 ribu ton.

Angka itu akan dicapai selama dua kali masa panen. Untuk panen pertama mulai bulan ini ditargetkan sebanyak 227.500 ton dari luas lahan 37.375 hektare.

"Setelah masa panen ini berakhir, petani akan kembali tanam jagung di lahan yang memiliki serapan air. Luas lahan sekitar 20 ribuan hektare," sebut Kasi Produksi Pangan, Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Bima, Kamis (1/4).

Dari dua kali masa panen itu, ia optimis target produksi 430 ribu ton jagung akan dicapai. Apalagi kata dia, masa pertumbuhan jagung yang dipanen saat ini didukung cuaca, dengan intensitas hujan cukup stabil.

Karena dibanding tahun lalu, meskipun curah hujan tidak merata, sehingga ada sejumlah wilayah yang gagal panen. Namun produksi terbilang tinggi, yakni 403 ribu ton.

"Kalau tahun inikan hujan hampir rata. Makanya kami optimis target produksi akan dicapai," kata pria asal Kelurahan Salama ini.

Selain didukung cuaca, strategi lain untuk mencapai target produksi dilakukan Dispertabun kata dia, dengan mengedukasi masyarakat melalui sosialisasi metode penanaman jagung ke petani.

"Kami tetap sosialisasi dengan memanfaatkan UPT Pertanian di kecamatan mengedukasi masyarakat. Alhamdulillah petani paham cara penanaman jagung yang benar," kata Fauzi

Meski  kata dia, sosialisasi tidak intens seperti sebelum masa pandemi Covid-19. Apalagi dampaknya sekitar 40 persen anggaran dinas dipangkas untuk penanganan virus asal Cina tersebut.

"Biaya operasional kita terbatas, mau turun gak ada anggaran," beber alumni Unram ini. (jul)

 

 

Bagikan artikel ini

2 komentar

  1. termasuk yang mengakibatkan pembabakan liar sampai ke hutan lindung dan all hasil peningkatan produksi karna yang dihitung dampak positif tampa harus menghirau dampak negatif

    BalasHapus
  2. termasuk yang mengakibatkan pembabakan liar sampai ke hutan lindung dan all hasil peningkatan produksi karna yang dihitung dampak positif tampa harus menghirau dampak negatif

    BalasHapus