Cari Jaringan Hingga Naik Gunung agar Bisa Belajar Daring - Bima News

Rabu, 26 Agustus 2020

Cari Jaringan Hingga Naik Gunung agar Bisa Belajar Daring

BIMA-Sistem belajar dalam jaringan (Daring) untuk menyiasati pandemi Covid-19, di sejumlah daerah tidak efektif. Penyebabnya, karena di beberapa lokasi terkendala dengan jaringan.

Seperti dialami siswa dan siswi SMAN 1 Soromandi  di  Desa Wadukopa. Mereka terpaksa naik gunung  untuk mendapat akses jaringan internet, agar bisa belajar Daring

"Jaringan di Desa Wadukopa sulit mengakses internet, sehingga kami harus ke gunung  supaya bisa kirim tugas secara online," kata Mura Wisnawati, siswa kelas III IPA SMAN 1 Soromandi  pada Radar Tambora, Selasa (25/8).

Kondisi itu kata dia, mereka  jalani  ketika mendapat tugas  dari guru di sekolah. Sementara untuk ke gunung itu mereka harus menempuh jarak sekitar dua  kilometer dari kampung.

‘’Apalagi ketika banyak tugas dari guru, kita sampai berjam-jam  bahkan sampai malam untuk kerjakan tugas,’’ akunya.

Dengan kondisi seperti itu, Mura panggailan akrab siswi ini berharap guru-guru tidak setiap hari memberikan tugas. Kemudian materi yang diberikan, supaya dijelaskan agar mudah dipahami.

"Kalau KBM tatap muka buat kami gak masalah dengan banyak tugas. Tapi denngan kondisi tidak ada jaringan seperti ini, jelas berat,’’ keluhnya. (jw)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda