Seleksi CAT Tentukan 6 orang Terbaik Calon Anggota Panwaslu Tiap Kecamatan di Kota Bima - Bima News

Minggu, 16 Oktober 2022

Seleksi CAT Tentukan 6 orang Terbaik Calon Anggota Panwaslu Tiap Kecamatan di Kota Bima

CAT
Seleksi CAT calon anggota Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kota Bima yang berlangsung di SMAN 2 Kota Bima, Sabtu (15/10)
 

bimanews.id, Kota Bima-Bawaslu Kota Bima melaksanakan seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan. Dari 100 peserta yang lolos tahapan seleksi administrasi,  satu peserta tidak mengikuti seleksi dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang berlangsung di SMKN 2 Kota Bima,  Sabtu (15/10).

"Hanya 99 peserta yang ikut seleksi CAT,  sedangkan 1 orang tidak hadir," sebut Ketua Bawaslu Kota Bima, Muhaemin Ketua Bawaslu Kota Bima, Ahad (16/10)

Seleksi CAT diatur dua sesi. Sesi pertama dimulai pukul 07.30 hingga 09.30 Wita. Sesi kedua pukul 09.30 hingga 11.30 Wita.

Pembagiam sesi ini karena jumlah PC atau komputer yang tersedia hanya 75 unit.  Sementara jumlah peserta 99 orang.

"Pembagian sesi ini untuk mengakomodir jumlah peserta yang melebihi jumlah PC yang tersedia,’’ kata Kordiv SDMO Diklat Datin Bawaslu Kota Bima.

Pelaksanaan tes berjalan lancar,  tanpa ada kendala yang berarti. Meskipun ada,  tetapi bisa diatasi oleh Tim operator dari  Bawaslu maupun SMKN 2 Kota Bima.

‘’Seleksi CAT ini akan menentukan 6 besar untuk tiap kecamatan,’’  sebutnya.

Penentuan 6 besar ini berdasarkan hasil perengkingan nilai seleksi CAT. Hasilnya  akan dikirim Bawaslu Provinsi ke Bawaslu Kota Bima untuk diplenokan dan diumumkan. Selnajutnya, mereka akan mengikuti tahapan wawancara.

‘’Untuk tahapan wawancara,  Insya Allah antara tanggal 19-22 Oktober 2022," akunya.

Tahapan wawancara untuk menentukan 3 besar yang akan menjadi anggota Panwaslu Kecamatan. Mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024 di tingkat kecamatan.

"Jumlah kecamatan di Kota Bima ada 5, berarti dibutuhkan 15 anggota Panwaslu Kecamatan. Masing-masing kecamatan berjumlah 3 orang," bebernya.

Dengan seleksi ini, Muhaemin berharap akan  terpilih orang-orang yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas dalam mengawasi penyelenggaraan Pemilu 2024 dan seluruh tahapan yang telah dimulai sejak Juni 2022 lalu.

"Kita berharap masukan masyarakat terkait proses seleksi ini dan terhadap calon anggota Panwaslu Kecamatan. Tanggapan disampaikan kepada Bawaslu Kota Bima hingga 18 Oktober 2022," harapnya. (red)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda