BPK Telusuri Dana Bansos pada Tiga OPD di Kabupaten Bima - Bima News

Senin, 05 September 2022

BPK Telusuri Dana Bansos pada Tiga OPD di Kabupaten Bima

Bansos
Ilustrasi
 

bimanews.id, Bima-Sejumlah anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan NTB mendatangi Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima Senin (5/9). Kehadiran mereka untuk  melakukan pemeriksaan investigasi terkait realisasi sejumlah dana Bantuan Sosial (Bansos) pada tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Tiga OPD yang diperiksa itu adalah Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMDes) Kabupaten Bima.

Informasi diterima, BPK melakukan penelusuran terkait penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tahun 2021 dan tahun 2022 semester 1.

Pemeriksaan terhadap BPMDes Kabupaten Bima,  terkait realisasi dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun 2021 dan BLT tahun 2022 semester 1.

Belum diperoleh kejelasan ada atau tidaknya persoalan kaitan realisasi maupun pembagian BLT dampak covid itu.

Sementara di Dinas Dukcapil Kabupaten Bima, BPK melihat resapan anggaran belanja barang habis pakai, seperti ATK.

Pantauan wartawan, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Tajuddin, SH dan bendahara pengeluaran Hidayat terlihat sibuk keluar masuk ruang Sekretaris Daerah (Sekda).

Begitu pula dengan Kadis Dukcapil, Salahuddin, SH dan bendahara. Termasuk Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Daerah, Suryadin S.S, Kepala Bagian Hukum' Setda Bima juga terlihat keluar masuk ruangan Wakil Bupati Bima Drs. H. M. Dahlan M. Noor.

"Ada tim BPK yang datang," aku Kepala Bagian Hukum Setda Bima, Makruf ditemui di Kantor Pemkab Bima, Senin (5/9).

Kehadiran tim BPK Perwakilan NTB  untuk pemeriksaan terhadap tiga OPD Lingkup Pemkab Bima.

"Untuk lebih jelasnya hubungi Inspektorat atau Bagian Humas, karena informasinya satu pintu," sarannya.

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Bima, Suryadin yang berusaha ditemui di ruang kerjanya, tidak berhasil ada di tempat.

Menurut beberapa staf, Suryadin sedang keluar, karena ada urusan. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda