Akui Sebagai Koordinator, Anggota Dewan Bantah Potong Dana KUR BNI - Bima News

Jumat, 02 September 2022

Akui Sebagai Koordinator, Anggota Dewan Bantah Potong Dana KUR BNI

BNI
Ilustrasi
 

bimanews.id, Bima- Anggota DPRD Kabupaten Bima inisial K (Kurniawan)  mengaku sebagai koordinator penyaluran KUR pada BNI 46 Bima. Tetapi soal dugaan potong memotong dana KUR yang sampai ke warga dibantahnya.

"Saya  memang koordinator  KUR di BNI, tapi tidak ada uang KUR yang saya potong," tegasnya saat dihubungi  via WhatsApp, Jum’at (2/9).

Anggota dewan dari Partai Amanat Nasional (PAN) Dapil II ini menegaskan, dia hanya memberitahu peternak terkait ada dana KUR Sapi pada BNI 46 Bima. Pengurusan dokumen pengajuan pinjaman KUR sampai pada pencairan, sama sekali  tidak terlibat.

Bahkan dia tidak tahu kapan dana KUR itu cair, begitu juga nominal diterima peternak. "Dokumen dan lain-lain, hingga KUR cair, itu ditangani langsung peternak sendiri,’’ terangnya.

Apalagi mekanis pengurusan KUR pada BNI 46 Bima,  koordinator  hanya sebagai agen resmi BNI yang berperan merekrut calon nasabah KUR. Mencari peternak sapi yang ingin meminjam dana KUR.

Setelah calon nasabah ada,  koordinator  memfasilitasi pengurusan dokumen administrasi. Misalnya, surat keterangan tentang kebenaran calon nasabah sebagai peternak sapi. Surat jaminan hingga pernyataan tidak memiliki utang dan kesiapan membayar dana pinjaman.

‘’Saat penandatangan akad kesepakatan antara bank dengan calon nasabah KUR,  koordinator masih berperan. Setelah itu tidak ada lagi,’’ sebutnya.

Terhadap dugaan pemotongan dana KUR, Kurniawan mengaku pernah diperiksa penyidik Polres Bima Kota. Pertanyaan yang diajukan tidak jauh beda dari pertanyaan teman-teman wartawan.

"Jawaban saya saat itu juga sama seperti yang disampaikan sekarang,’’ sebutnya.

Sementara anggota dewan inisial M (Mustakim) dihubungi,  menyampaikan terimakasih atas pemberitaan media.

"Makasih atas informasi dan beritanya," ucap duta partai Nasdem ini dihubungi via pesan WhatsApp.

Sementara anggota DPRD Kabupaten Bima inisial D (Dedi) hingga berita ini ditulis  belum bisa dihubungi. Handphone dalam posisi of. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda