Temuan Bawaslu, Sejumlah Nama Warga Dicatut Parpol - Bima News

Selasa, 23 Agustus 2022

Temuan Bawaslu, Sejumlah Nama Warga Dicatut Parpol

Joe
Junaidin, SPd
 

bimanews.id, Bima-Sejumlah nama warga di Bima ditemukan dicatut Partai Politik (Parpol) tertentu. Ini menjadi temuan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten maupun Kota Bima.

Seperti nama seorang guru SMP, nama pegawai RSUD Bima hingga nama staf Bawaslu Kabupaten Bima dicatut sebagai anggota Parpol tertentu.

Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin S.Pd mengatakan, temuan itu telah disampaikan pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima.

"Temuan guru SMP di Kecamatan Woha dan staf kami tercantum sebagai anggota Parpol sudah disampaikan ke KPU untuk ditindaklanjuti," katanya, Selasa (23/8).

Sebelumnya, Bawaslu telah sosialisasi meminta warga mengecek identitas dalam Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL). Kemudian membentuk pos pengaduan.

"Jika warga keberatan nama atau identitasnya dicatut oleh Parpol,  silahkan adukan kepada kami," sarannya.

Hal yang sama juga diakui Koordinator Devisi Pengawasan Bawaslu Kota Bima, Idhar S.Sos. Diakui, ada satu orang warga Kota Bima yang keberatan namanya dicatut Parpol.

"Ada satu warga Kelurahan Kumbe bekerja di RSUD Bima yang mengadu. Terhadap aduan ini, sudah kami rekomendasikan ke KPU Kota Bima dengan saran perbaikan," ucapnya.

Sebagai upaya pencegahan awal, telah menerbitkan imbauan kepada instansi di Kota Bima untuk mengecek identitas pegawai hingga pejabat dalam SIPOL.

Apabila ada pejabat, pegawai atau masyarakat yang merasa keberatan nama atau data pribadi dicatut sebagai anggota Parpol, agar melaporkan atau mengadu.

"Upaya ini kami lakukan untuk memastikan tidak ada nama pejabat atau pegawai instansi yang dicatut sebagai anggota atau pengurus Parpol," pungkasnya. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda