Liga ASKAB PSSI Bima Raup Untung Besar? - Bima News

Jumat, 26 Agustus 2022

Liga ASKAB PSSI Bima Raup Untung Besar?

Bola
Ilustrasi
 

bimanews.id, Bima-Event liga Askab PSSI Bima yang digelar baru-baru ini mendapat pemasukan yang cukup besar. Dari uang pendaftaran peserta saja angkanya mencapai Rp 190 juta.

Dana sebesar itu  baru diperoleh dari biaya registrasi dan pendaftaran club. Belum termasuk dana dari sponsor maupun bantuan hibah dari Pemerintah Kabupaten Bima.

Biaya pendaftaran setiap club ditarik Rp 2 juta dengan uang registrasi di PSSI Bima Rp 500 ribu per club. Sementara jumlah club yang ambil bagian pada liga Askab PSSI Bima untuk tiga zona sebanyak 76.

Informasi diperoleh dari panitia lokal zona tengah, selama kegiatan liga Askab PSSI Bima tidak menerima anggaran operasional dari panitia tingkat Kabupaten Bima. Selama kegiatan biaya operasional panitia lokal pada zona tengah dari jasa parkir, karcis masuk maupun dari bagi hasil sewa panggung penonton.

Biaya operasional panitia lokal meliputi, kebutuhan kertas, snack, air minum maupun kebutuhan lain. Wilayah zona tengah meliputi Kecamatan Ambalawi, Wera, Palibelo, Lambitu, Woha, Monta Parado, dan Belo.

"Selama kegiatan berlangsung, operasional kita tanggung sendiri. Dari sponsor maupun dari panitia Kabupaten tidak ada,’’  sebut seorang panitia lokal zona tengah.

Selain zona tengah, pada liga Askab PSSI Bima juga ada zona Timur dan Zona Barat. Zona Barat meliputi Kecamatan Bolo, Madapangga, Donggo, Soromandi, Sanggar dan Tambora. Zona Timur meliputi Kecamatan Wawo, Sape, Lambu dan Langgudu.

"Kegiatan sudah berakhir, dan sudah rapat pembubaran panitia lokal. Hadiah juara 1  Rp 40 juta," lanjut sumber tadi.

Ketua Askab Bima, Khairudin Juraid dihubungi, menyarankan agar menghubungi langsung panitia lokal zona tengah. "Kalau ditanya soal proses liga saya paham," katanya  dihubungi, Jumat (26/8).

Ketua panitia Liga Askab PSSI Bima, Nur Susilawati, mengaku uang pendaftaran setiap club Rp 2 juta. Selain biaya pendaftaran club, juga diperoleh sumbangan pribadi dari Bupati Bima yang nilainya tidak disebutkan.

"Untuk juara 1 diberikan hadiah uang pembinaan Rp 40 juta, juara dua Rp  25 juta, juara tiga Rp 15 juta dan juara empat Rp 10 juta," sebutnya.

 Selain club yang juara, panitia juga memberikan hadiah tambahan bagi top score, pemain terbaik, pemain muda berbakat dan tim fair play. (fir)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda