Dandim 1608 Bima Motori Warga Manfaatkan Lahan Kosong Ditanami Durian - Bima News

Rabu, 27 Juli 2022

Dandim 1608 Bima Motori Warga Manfaatkan Lahan Kosong Ditanami Durian

Dandim
Dandim 1608 Bima, Letkol Inf. Muhammad Zia Ulhaq, S.Sos sedang menanam pohon duurian di lahan kosong di kawasan Ndano Nae, Kelurahan Ntobo, Kota Bima
 

BimaNews.id, Kota Bima-Dandim 1608 Bima Letkol Inf. Muhammad Zia Ulhaq, S.Sos memberi contoh langsung pada warga untuk memanfaatkan lahan kosong. Dengan menanam pohon durian di atas lahan seluas 60 are di wilayah Ndano Na’e, Kelurahan Ntobo, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima.    

‘’Saya menanam pohon durian dengan sistem infus. Saat ini sudah 100 pohon saya tanam,’’ katanya pada media ini beberapa hari lalu.

Tidak hanya itu, pria yang akrab disap Kak Zia ini juga mengajarkan warga memanfaartkan tumbuhan sekitar menjadi pestisida dan pupuk. Karena penggunan bahan anorganik justru merusak kandungan tanah.

Penggunaan bahan organik lebih aman dan menyuburkan tanah. “Saya ajarkan warga membuat pupuk dan pestisida anorganik. Saat ini sudah ada kelompok pengolahan pupuk organik,” sebut mantan Danyon Raider 100, Langkat, Binjau, Sumatera Utara ini.

Dari apa yang dilakukannya, warga mulai mengikuti. Mengelola lahan yang sebelumnya tandus, ditanami tumbuhan yang lebih bermanfaat dan menguntungkan.

“Warga ini harus diberi contoh, bukan sekadar motivasi saja. Setelah melihat contoh, baru mereka mau ikut,’’ sebutnya.

Apa yang Damdim lakukan ini, sebagai bentuk partisispasi dalam membangun tanah kelahirannya. Terutama, memanfaatkan lahan tidur  agar memberi dampak secara ekonomi pada masyarakat.

“Seperti durian, kini sudah ada teknologi sehingga bisa berbuah tiga kali dalam setahun,” gambarnya. (nk)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda