BPBD Kabupaten Bima Ingatkan Warga Terhadap Fenomena Super Full Moon - Bima News

Selasa, 12 Juli 2022

BPBD Kabupaten Bima Ingatkan Warga Terhadap Fenomena Super Full Moon

Chandra
M. Chandra Kusuma AP
 

BimaNews.id, Bima-Tanggal 13 Juli 2022 akan terjadi fenomena Super Full Moon. Bulan purnama tersebut akan bersamaan dengan fase pasang air laut tertinggi.

Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Bima mengingatkan masyarakat  untuk mewaspadai fenomena alam tersebut. Karena akan terjadi air pasang tinggi atau banjir rob

‘’Imbauan ini disampaikan karena ada peringatan dini dari BMKG  Bima, karena bulan purnama menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut, ‘’ terang Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bima M. Chandra Kusuma AP, Selasa (12/7)

Citra Satelit Altimetri  jelasnya, menunjukkan anomali positif tinggi muka air laut dapat menyebabkan banjir pesisir lebih tinggi.

Warga berdomisili di wilayah pesisir dan mencari nafkah di laut perlu, untuk  mewaspadai gelombang tinggi di perairan selatan bima dan sekitarnya. Termasuk di samudra hindia selatan NTB.

"Masyarakat tetap waspadai adanya cuaca ekstrem,  seperti hujan lebat, angin kencang, serta tanah longsor,’’ sebutnya.

Jika ada kejadian bencana, masyarakat diimbau segera melaporkan kepada BPBD Kabupaten Bima atau pemerintah desa setempat.

Untuk mengantisipasi munculnya potensi bencana, BPBD Kabupaten Bima melalui Tim Reaksi Cepat (TRC) telah melakukan koordinasi dengan aparat terkait. Melakukan kaji cepat dan pendataan (assessment) di lokasi bencana.

‘’BPBD siap droping bantuan karung untuk penanganan siaga darurat pada wilayah rawan banjir rob. Koordinasi dengan instansi  lintas sektoral untuk rencana tindak lanjut, disamping terus melakukan monitor dan standby di Posko," tandas mantan Kabag Prokopim Setda kabupaten Bima ini. (red)                                            

 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda