Jelang Lebaran Harga Ikan Bandeng Naik - Bima News

Senin, 25 April 2022

Jelang Lebaran Harga Ikan Bandeng Naik

Bandeng
Ibu-ibu penjual ikan bandeng depan Uma Me’e, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima  sedang menawarkan ikan ke pengendara yang lewat, Senin (25/4).

BimaNews.id, BIMA-Harga ikan bandeng menjelang Idul Fitri 1443 Hijriyah ikut naik. Karena lebaran tahun ini bersamaan dengan peralihan dari musim hujan ke musim kemarau.

Jika awal ramadan lalu, ikan bandeng untuk kecil bisa dapat 10 ekor untuk Rp 50 ribu. Dalam tiga hari terakhir, dengan harga yang sama hanya dapat 6 hingga 8 ekor.

"Hampir setiap tahun kalau jelang lebaran harga ikan di sini ikut naik. Karena bersamaan masuk  musim kemarau. Kalau musim hujan, harganya  murah,"  sebut Fujiah penjual ikan di Uma Me’e, Kecamatan Palibelo, Senin (25/4).

Kendati harga naik, keuntungan yang diperoleh warga Desa Belo, Kecamatan Paibelo ini tidak banyak. Untuk satu baskom isi 100 lebih ekor sekitar Rp 50 hingga Rp 60 ribu.

"Untuk sehari paling banyak laku sekitar 2 baskom,’’ akunya.

Kendati demikian, Faujiah tetap bersyukur. Daripada tidak ada pemasukan sama sekali seperti warga lain, yang hanya andalkan pendapatan suami.

"Paling tidak dengan jualan ikan begini saya bisa ringankan beban suami dan  untuk tambahan belanja anak-anak," beber ibu tiga anak ini.

Senada juga disampaikan pedagang lain, Marjan. Dari pagi hingga jelang sore ia menjual ikan di pinggir jalan dengan menawarkan kepada pengendara yang melintas.

"Gak menentu. Setiap hari hanya dapat sekitar Rp 30  hingga Rp 50 ribu," akunya.

Paling ramai pembeli kata dia, setelah ashar. Untuk lauk berbuka puasa.

Berbeda dengan sebelum ramadan, nyaris setiap jam tetap ada pengendara yang membeli.

"Kita biasanya dapat untung banyak sebelum Ramadan,’’ katanya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda