Gedung Mewah, Stok Buku di Perpusda Kabupaten Bima Hanya Dua Rak - Bima News

Selasa, 05 April 2022

Gedung Mewah, Stok Buku di Perpusda Kabupaten Bima Hanya Dua Rak

A. Salam Gani
A. Salam Gani
 

BimaNews.id, BIMA-Stok buku di gedung baru Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Bima masih minim. Di gedung senilai Rp 8,68 miliar tersebut baru memiliki dua rak buku di lantai satu. Untuk lantai dua masih  kosong.

"Masih banyak fasilitas yang masih harus kami lengkapi di Perpusda ini," jelas Kepala Dinas Perpusda Kabupaten Bima A. Salam Gani, Senin (4/4).

Untuk pengembangan dan kemajuan Perpusda ke depan pihaknya sedang menyusun dokumen untuk diajukan ke pemerintah pusat.

"Dokumen permohonan bantuan sudah kami susun. InsyaAllah segera kami ajukan ke pusat," akunya.

Sementara anggaran dari Pemerintah Daerah (Pemda), sebut Salam sapaan akrabnya ini tidak ada harapan. Karena anggaran daerah banyak tersedot untuk penanganan Covid-19.

"Tahun ini sudah pasti tidak ada dari Pemda. Semoga saja tahun 2023 mendatang ada anggaranya," harap dia.

Menurutnya, jika Perpusda ditopang dengan anggaran yang cukup, akan banyak fasilitas penunjang bisa dilengkapi.  Selain dibuat taman baca, juga bisa dibuat program  perpustakaan digital,  untuk bisa menjangkau semua lapisan masyarakat.

"Sehingga ketika warga mau membaca buku, tidak harus datang ke Perpusda. Mereka bisa langsung akses melalui handphone android," bebernya.

Melalui program perpustakaan digital diharapakan, dapat membantu meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). "Sehingga bisa melahirkan masyarakat yang berpikir progresif dan berkemajuan," harap pria kelahiran Desa Rato, Kecamatan Bolo ini. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda