Tiga Jam Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah di Kota Bima Digenangi Banjir dan Longsor - Bima News

Senin, 28 Maret 2022

Tiga Jam Diguyur Hujan, Sejumlah Wilayah di Kota Bima Digenangi Banjir dan Longsor

Lumpur
Lumpur yang ditinggalkan banjir di Kantor Kelurahan Jati Baru Barat dibersihkan, Jumat (28/3).

BimaNews.id, KOTA BIMA-Diguyur hujan lebat sejak siang hingga menjelang sore, Jum'at (28/3) menyebabkan sejumlah sungai meluap. Merendam sejumlah wilayah di Kota Bima.

Luapan sungai terjadi di Lingkungan Lewijambu Kelurahan Melayu dan Kelurahan Jatibaru Barat Kecamatan Asakota Kota Bima.

Banjir mulai meluap sekitar pukul 13.00 Wita, dimulai dari Kelurahan Jatibaru Barat, merendam kantor lurah setempat. Selanjutnya meluap di Kelurahan Melayu, tepatnya di Lingkungan Lewijambu.

Lurah Jatibaru Barat Nahyar Munkar  membenarkan kantornya direndam banjir.  Karena curah hujan tinggi di wilayah pegunungan.

Beruntung, luapan banjir dari sungai Jatibaru tidak berdampak luas. Hanya menggenangi kantor lurah setinggi 30 centimeter.

"Airnya cepat surut sehingga hanya kantor lurah yang terendam," jelasnya.

Kantor kelurahan Jatibaru Barat, kata dia selalu menjadi langganan banjir, karena berada dekat sungai. Ditambah lagi kondisi bangunan juga rendah.

"Sehingga ketika hujan deras, sungai meluap langsung merendam kantor," bebernya.

Sementara Kabid Logistik dan Kedaruratan BPBD Kota Bima Najamuddin yang dikonfirmasi mengungkap, selain banjir juga terjadi longsor di Kelurahan Dodu, Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima.

"Longsor di Dodu 1, menutup sebagian badan jalan," sebutnya.

Karena kondisi tanah di pegunungan sekitar Dodu memang tidak stabil. Apalagi setelah diguyur hujan dengan intensitas lama, mudah terjadi longsor.

"Karena masih bisa dilalui, material longsor akan kami bersihkan besok. Kami imbau pengendara untuk berhati-hati," pungkasnya. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda