Tahapan Pilkades Baru Bergulir, Blokade Jalan Mulai Bermunculan - Bima News

Kamis, 24 Maret 2022

Tahapan Pilkades Baru Bergulir, Blokade Jalan Mulai Bermunculan

Blokade
Warga Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi memblokade jalan dengan batu, bale-bale hingga membakar ban bekas, Rabu (23/3)

BimaNews.id, BIMA- Belum masuk tahapan penetapan calon, konflik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bima mulai meletup.

Seperti pada Rabu (23/3) kemarin terjadi aksi blokade jalan di Desa Nipa, Kecamatan Ambalawi.  Kejadian itu disiarkan secara live oleh warga melalui media sosial.

Pada video tersebut, terlihat masyarakat yang tergabung di gerbong pendukung salah satu calon memblokade jalan dengan batu, bale-bale hingga membakar ban bekas.

Aksi itu dilakukan karena mereka menilai kinerja panitia di luar ketentuan. Membocorkan nama Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) yang gugur, padahal belum masuk jadwal yang ditetapkan.

"Mereka bocorkan nama Bacakades yang tidak lolos seleksi sebelum waktunya," kata akun Ina Gibran menjawab pertanyaan warganet di kolom komentar, Rabu (23/3).

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kabupaten Bima  Tajudin SH dikonfirmasi membenarkan kejadian tersebut. Pihaknya langsung meminta klarifikasi kepada panitia di desa setempat.

"Mereka membantah telah membocorkan nama Bacakades seperti yang disorot masyarakat," jelasnya saat ditemui di Kantor DPMDes, Kamis (24/3).

Informasi dari panitia sebutnya, berkas seorang Cakades yang dipersoalkan warga tersebut memang ditemukan tidak sesuai ketentuan.

Kemudian Informasi itu beredar di gerbong pendukungnya, hingga muncul aksi blokade jalan. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda