Stok Terbatas, Harga Cabai Merah Melaonjak Rp 60 Ribu Per Kilogram - Bima News

Kamis, 31 Maret 2022

Stok Terbatas, Harga Cabai Merah Melaonjak Rp 60 Ribu Per Kilogram

Pedagang
Pedagang cabai di Pasar Raya, Kota Bima beberapa waktu lalu.
 

BimaNews.id, KOTA BIMA-Harga cabai merah di Kota Bima saat ini melonjak. Jika sebelumnya Rp 30 ribu per kilogram, kini menjadi Rp 60 ribu per kilogram.

Kenaikan harga cabai di sejumlah pasar tradisional di Kota Bima diakui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kota Bima. Hal itu dipicu karena kekurangan stok.

Kabupaten Bima dan Lombok Timur sebagai pusat cabai, selama dua pekan terakhir tidak lagi mendroping dalam jumlah banyak.

"Kita sudah turun cek ke distributor. Kenaikan harga cabai merah dari Rp 30 menjadi Rp 60 ribu per kilogram, karena stoknya terbatas," jelas Kabid Perindustrian dan perdagangan, Diskoperindag Kota Bima, Rusnah SE, Rabu (30/3).

Kenaikan harga cabai tersebut diakui belum terlalu tinggi, masih bisa dijangkau masyarakat. Namun, jika kenaikan terus terjadi hingga memasuki bulan Ramadan pihaknya akan gelar Operasi Pasar (OP) bersama pihak terkait.

"Saat ini kami sedang pelajari perkembangan harga cabai di lapangan. Kalaupun nanti terus melonjak kami akan gelar OP," jelas alumni Unram ini.

Untuk stok cabai yang terbatas, pihaknya sudah koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Peternakan serta Dinas Ketahanan Pangan (DKP).

‘’Kita masih mengkaji langkah alternative apa yang akan dilakukan jika kondisinya berlanjut hingga memasuki bulan Ramadan,’’ terangnya.

Sementara untuk komoditas lain seperti, cabai rawit, telur dan lain-lain harganya masih stabil dengan stok masih banyak. (jul)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda